WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

SMAN CONGGEANG BERIKAN PELATIHAN BAGI MASYARAKAT

SUMEDANG, JMI - Bertempat di kampus sekolah menengah atas negeri Conggeang kabupaten Sumedang, masyarakat di wilayah kecamatan Conggeang mendapatkan pelatihan pengolahan lemon lengkap dengan strategi pemasaran .

Berawal dari pelaksanaan program prakarya dan kewirausahaan dimana sekolah menengah atas negeri Conggeang dengan memanfaatkan lahan di lingkungan sekolah dengan ditanami pohon lemon dan buah buahan lainnya beserta tanaman obat obatan , seiring berjalannya waktu, saat ini semua tanaman yang ditanam sudah menghasilkan buah yang melimpah.

Jeli melihat potensi ekonomi dari buah hasil kebun, beragam buah buahan hasil panen mulai di olah secara kekinian sehingga menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi, keberhasilan sepak terjang SMAN Congeang dalam program prakarya dan kewirausahaan ini sekarang mendapatkan dukungan dari perguruan tinggi UNINUS  Bandung , pengembangan program prakarya dan kewirausahaan ini sekarang sudah menyentuh langsung kepada masyarakat kecamatan Conggeang sekaligus membantu Pemerintah dalam penanganan masyarakat miskin extrim .

Sehingga beberapa hari yang lalu pihak UNINUS dan team SMAN Congeang mengundang langsung masyarakat untuk diberikan pelatihan dan praktek langsung pengolahan buah lemon lengkap dengan cara pengemasan secara higienis serta modern .

Aman Rohmana Wakasek SMAN Congeang mengatakan, Beberapa hari yang lalu,  bertempat  sekolah menengah atas negeri Conggeang bekerja sama dengan UNINUS Bandung , SMAN Congeang telah melaksanakan pelatihan pengolahan buah lemon dan tanaman obat kepada masyarakat kecamatan Conggeang, pelatihan ini meliputi cara pengolahan dan pengemasan lengkap dengan strategi pemasaran.

" Dengan pengolahan secara modern , buah buahan dan tanaman obat  dapat menjadi nilai ekonomi yang tinggi dibandingkan jika dijual secara utuh buah buahan saja " Ucapnya.

Lebih lanjut Ara Wihara Wakasek SMAN Congeang menambahkan, Selain menambah nilai ekonomis pelatihan pengolahan buah buahan dan tanaman obat dengan menggandeng masyarakat kecamatan Conggeang juga membantu Pemerintah dalam penanganan masyarakat miskin extrim yang ada di kecamatan Conggeang, kami membuka pintu bagi seluruh masyarakat yang ingin belajar dan mengolah hasil buah di SMAN Congeang.

" Animo masyarakat dalam mengikuti pelatihan pengolahan buah lemon dan tanaman obat ini memang sangat besar, dan secara nyata hasil pengembangan olahan ini selain banyak diminati oleh konsumen juga mempunyai prospek yang sangat bagus sehingga profit yang dihasilkan dapat membantu ekonomi keluarga" Pungkasnya


Pewarta: Toto Sumarno
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMK INOVASI MANDIRI MENDAPATKAN SIMPATI MASYARAKAT

SUMEDANG, JMI - Sekolah menengah kejuruan Inovasi Mandiri yang beralamat di  Jl. Umar Wirahadikusumah KM.25, Tarunajaya, Kec. Da...