WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Saham Tempo Sepekan Anjlok di Zona Merah, Efek Kontroversi Bocor Alus vs Fans Timnas?**Sudah Disuntik Dana PE Raksasa Amerika, Saham Tempo Tetap Ambles

Jakarta, JMI - Pergerakan saham media Tempo, PT Tempo Inti Media Tbk. (TMPO) layu sebelum berkembang. Saham ini terpantau merosot di zona merah selama sepekan ini.

Pada sore hari ini, Jumat (18/10) pukul 15.48 saham TMPO merosot ke level terendah di 187 setelah sempat naik 3,68% di level 197.

Pada satu minggu terakhir ini, saham TMPO merosot dalam sebesar 6% dari 200 ke 188.

Dipantau dari aplikasi perdagangan saham Stockbit, para investor menyayangkan layunya perdagangan saham perusahaan media yang bergerak dalam produksi dan penerbitan surat kabar ini.

Akun zlfnmh*** pada Rabu menuliskan penilaiannya bahwa seharusnya Tempo dapat menjadi media terbesar di Indonesia, karena telah mendapatkan pendanaan dari private equity raksasa Amerika Serikat (AS) Media Development Investment Fund Inc. (MDIF) pada Juli 2024.

“Pihak MDIF berani memberikan pendanaaan kepada Tempo Inti Media. Tbk karna mereka paham bahwa media ini sudah semestinya beranjak naik dan menjadi salah satu media terbesar di Indonesia,” ujarnya.

Pendanaan dari MDIF itu sebesar Rp 21,1 miliar kepada PT Info Media Digital (IMD), anak usaha TMPO. Pendanaan ini diberikan dalam bentuk obligasi konversi atau Convertible Performance Debenture (CPD), yang memiliki jatuh tempo hingga 31 Desember 2028.

Akun lainnya bayusub*** menilai penurunan ini disebabkan oleh blunder yang terus menerus dilakukan Tempo. “Abis dapet big money bukannya berkembang malah bikin blunder mulu ni media,” tulisnya.

Adapun yang mempertanyakan mengapa saham Tempo masih murah. “Kenapa saham tempo harganya segini ya padahal kalo buat berita tajam terpercaya sesuai fakta,” ujar akun Aziz***.

TMPO sebagai perusahaan media mengklasifikasikan bisnisnya ke dalam dua segmen: penerbitan dan percetakan. Produk utamanya adalah Tempo, sebuah majalah berita mingguan.

Perusahaan ini juga menerbitkan Koran Tempo, sebuah surat kabar harian; Tempo English, edisi Tempo berbahasa Inggris, dan Tempo dot co, sebuah portal berita online. Selain itu ada juga beberapa siniar atau podcast salah satunya Bocor Alus Politik.

Akun Bocor Alus Politik @BocorAlusPol sendiri pada pekan ini terpantau membuat kontroversi di X yang mengaitkan pertandingan sepak bola timnas Indonesia melawan Bahrain. 

“Selamat pagi untuk kamu yang marah sama wasit, tapi adem aja waktu ada yang ngakalin undang-undang demi fufufafa,” cuit akun tersebut pada 12 Oktober 2024.

Cuitan itu mendapat respons negatif secara luas dari warganet di X termasuk dari para fans timnas dan mantan pelatih timnas Justinus Lhaksana via akun @CoachJustinL. “Kami fans bola ga peduli ama POLITIK, kurang paham yah TOLOL,” tulisnya.

Adapun akun @negativisme memberikan pandangan serupa. “Ayo terus sangkutpautin sepakbola dan politik, kok seneng bener timnas gak menang, hanya gara2 politik.”


Pewarta: Aminudin/Elang
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Kapolres Subang himbau para supir truk yang overload untuk memperhatikan muatan dan jam Operasional, Sesuai kapasitasnya yang di tentukan

Subang, JMI - Demi terciptanya kamseltibcarlantas (kemanan, keselamatan, kelancaran Lalulintas),  Kapolres Subang langsung meng...