WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Subang, Ny. Hj. Siti Nuraeni Nuroni, S.IP, menghadiri sekaligus memimpin Apel Hari Santri Tahun 2024 tingkat Kabupaten Subang yang diselenggarakan di Lapangan Alun-Alun Subang, Selasa (22/10/2024).

Apel Hari Santri ini diawali dengan pembacaan Naskah Resolusi Jihad, Deklarasi Pesantren dan Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam Ramah Anak, pembacaan teks Pancasila oleh pembina upacara yang diikuti oleh seluruh peserta, serta pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Ikrar Santri.

Sebagai Pimpinan Apel, Kang Asep (sapaan akrab Sekda Subang) menyampaikan amanat dari Menteri Agama Republik Indonesia. 

Dalam amanat tersebut, ia menekankan bahwa setiap tanggal 22 Oktober merupakan momentum untuk mengenang perjuangan para santri yang turut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap penjajah," ujar Kang Asep.

Ia juga mengingatkan tentang peristiwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945, yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh KH. Hasyim Asy'ari. 

Resolusi tersebut membangkitkan semangat para santri dan masyarakat untuk melanjutkan perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

"Mereka terus melakukan perlawanan kepada penjajah tanpa rasa takut hingga puncaknya pada 10 November 1945, yang kita kenal sebagai Hari Pahlawan," tambahnya.

Kang Asep mengimbau kepada seluruh santriwan dan santriwati untuk menghormati perjuangan para pendahulu dan mengemban tanggung jawab tidak hanya menjaga warisan nilai-nilai luhur, tetapi juga berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Pada kesempatan ini, Kang Asep berharap, Hari Santri 2024 menjadi momentum untuk memperkuat komitmen, terutama bagi para santri, dalam meraih masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa.

"Santri harus percaya diri karena santri bisa menjadi apa saja, termasuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden," tegasnya.

Ia juga menekankan bahwa peringatan Hari Santri bukan hanya milik kalangan santri dan pesantren, melainkan milik seluruh elemen bangsa yang mencintai tanah air.

"Oleh karena itu, saya mengajak seluruh komponen bangsa, apapun latar belakangnya, untuk turut merayakan Hari Santri," ajaknya.

Di akhir sambutannya, Kang Asep menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang turut merayakan Hari Santri 2024.

"Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa meridhoi, membimbing, dan memberkahi setiap ikhtiar kita. Mari kepalkan tangan dan bersama-sama kita ucapkan: ‘Hari Santri 2024, Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan’," tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada 603 santriwan/santriwati penulis Mushaf Al-Qur'an, yang diwakili oleh 10 orang santriwan/santriwati, serta kepada pimpinan pondok pesantren. 

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 30 Ulama yang berkontribusi pada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, serta santriwan/santriwati berprestasi di tingkat Provinsi, Nasional, dan Internasional. Penyerahan santunan kepada anak yatim turut mengakhiri rangkaian acara.


Pewarta: Agus Hamdan
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Pe...