WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemprov dan Polda Banten Apel siaga Menghadapi Bencana Alam.

SERANG, JMI - Polda Banten Bersama Pemprov Banten menggelar apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka kesiap siagaan menghadapi bencana tahun 2024 di wilayah hukum Polda Banten di lapangan upacara Gubernur Banten, KP3B, Kamis 10 Oktober 2024. Apel tersebut dipimpin oleh Kapolda Banten Irjen Pol Suyudi Ario Seto.

Al Muktabar berharap, dengan segala antisipasi dini yang dilakukan, Provinsi Banten siap dan siaga bencana. Ia juga mengimbau masyarakat untuk memahami situasi alam untuk antisipasi bencana hingga kebencanaan lainnya seperti bencana sosial.  “Pak Kapolda mengingatkan, karena memang Provinsi Banten secara alami termasuk dalam kawasan yang memungkinkan terjadi hal yang tidak kita inginkan itu yakni kebencanaan. Maka ikhtiar kita adalah mempersiapkan segala sesuatunya bila hal yang tidak kita inginkan itu terjadi, kita harus siap,” tegasnya

Ia mengatakan, Provinsi Banten selalu melakukan apel siaga kebencanaan baik dipimpin oleh Kapolda Banten, Danrem 064 Maulana Yusuf , ataupun oleh pihaknya sendiri sebagai Pj Gubernur Banten. “Selalu kita mengecek mitigasinya, peralatan, koordinasi, hingga kesiapan pangan,” ujar Al.

Dalam amanatnya, Kapolda Banten Irjen Pol Suyudi Ario Seto menjelaskan, apel dilaksanakan untuk pengecekan kesiapsiagaan secara detail personil dan peralatan kesiapsiagaan bencana. Dengan demikian keamanan dan kenyamanan bisa dirasakan masyarakat. 

Ia berharap melalui apel ini dapat diterapkan pelaksanaan prosedur upaya cepat menghadapi bencana dalam manajemen penanggulangan bencana. Menurutnya, untuk kesiapsiagaan bencana terpadu, perlu sinergitas yang kokoh dengan seluruh masyarakat.

Untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana, ia amanatkan untuk meningkatkan kewaspadaan, membangun partisipasi publik, membangun komunikasi dan sinergitas, meningkatkan kemampuan personel, dan pemeliharaan peralatan penanggulangan bencana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Nana Suryana mengatakan, apel merupakan salah satu upaya mitigasi penanggulangan bencana di Provinsi Banten. Melalui apel bisa diukur kekuatan personel, peralatan, dan logistik dalam kesiapsiagaan bencana.  “Ini merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan dalam melakukan kesiapsiagaan bencana,” ungkapnya. 

Nana berharap, melalui apel ini, sinergitas dalam kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana di Provinsi Banten lebih meningkat. Terutama dari unsur pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha


Pewarta. S.Purba


Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pemprov dan Polda Banten Apel siaga Menghadapi Bencana Alam.

SERANG, JMI - Polda Banten Bersama Pemprov Banten menggelar apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka kesiap siagaan menghad...