WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemdes Dawuan Bangun Bronjong untuk Cegah Erosi dan Lindungi Lahan Warga

MAJALENGKA, JMI - Pemerintah Desa Dawuan (Pemdes Dawuan), Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, memanfaatkan Dana Desa tahap 2 tahun 2024 untuk berbagai pembangunan infrastruktur dan program pemberdayaan masyarakat.

Salah satu proyek utama yang direalisasikan adalah pembangunan infrastruktur berupa pembuatan tanggul bronjong di tepi Sungai Cikasarung.

"Dari Dana Desa tahap 2 ini, kami membangun bronjong dengan anggaran sebesar Rp157 juta," ungkap Kepala Desa Dawuan, Abdul Rohiman Baehaqi, Rabu (2/10/2024).

Pembangunan bronjong ini, lanjut Abdul, sangat dinantikan warga karena aliran Sungai Cikasarung yang semakin menyempit dan menggerus lahan warga.

"Aliran sungai yang tadinya 12 meter, sekarang tinggal 4 meter. Kurang lebih sampai 6 meter, itu pun 2 meter memakai tanah masyarakat, karena sudah tergerus oleh aliran aliran air," jelasnya.

Dengan bronjong sepanjang 38 meter dan tinggi 3 meter yang dibangun di atas lahan masyarakat, diharapkan kondisi sungai menjadi lebih stabil dan tidak lagi mengikis lahan warga.

Selain pembangunan bronjong, Pemdes Dawuan juga mengalokasikan Dana Desa untuk program padat karya tunai. Warga dilibatkan dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan serta area persawahan, yang tidak hanya menjaga kebersihan tetapi juga membuka lapangan kerja sementara bagi masyarakat.

Tak hanya fokus pada infrastruktur dan kebersihan lingkungan, Pemdes Dawuan juga aktif menggelar berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, seperti musyawarah desa dan pembinaan. 

Hal ini dilakukan untuk memperkuat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, serta memastikan semua program berjalan sesuai kebutuhan dan bermanfaat bagi warganya


Pewarta: Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pemdes Dawuan Bangun Bronjong untuk Cegah Erosi dan Lindungi Lahan Warga

MAJALENGKA, JMI - Pemerintah Desa Dawuan (Pemdes Dawuan), Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, memanfaatkan Dana Desa tahap 2...