WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Berbagai Pihak Dan Para Tokoh Panutan Dukung Kaspudin Nor Sebagai Dewas KPK

JAKARTA, JMI – Pencalonan Kaspudin Nor sebagai dewan pengawas KPK mendapat dukungan berbagai pihak dan  tokoh yang di percaya baik oleh masyarakat maupun oleh negara.

Sebagaimana dukungan tersebut, yaitu baik dari akademisi, pengacara, mantan jaksa,  ulama, pimpinan ormas,  mantan hakim agung RI, mereka diantara pendukungnya, yaitu Prof. Dr. H. Amran Suadi, SH, MH (hakim agung RI pada Mahkamah Agung RI yang juga pernah menjabat sebagai ketua kamar agama Mahkamah Agung RI), Sekjend Majelis Ulama Indonesia MUI Pusat Dr. Amirsyah Tambunan, Dr. H. Rahimullah, SH,. M.Si, Mantan Sekjend MPR RI yang juga Wakil Rektor Universitas Syatiagama, mantan jaksa senior Halius Hosen mantan Sesjamwas (Sekretaris Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan) pada kejaksaan Agung RI yang juga mantan Ketua Komisi Kejaksaan RI, Ketua Komwas Advokat Peradi Komjend Pol. Prn Dr. Saud Usman Nasution yang juga Mantan Ketua BNPT ( Badan Nasional) Penanggulangan Terorisme) demikian pula dukungan Wakil Ketua Forum Rektor Prof. Dr. Didin Muhafidin, S.I.P,. M.Si yang juga rektor Universitas Al Ghifari Bandung. Bahwa  tokoh-tokoh pendukung tersebut bukan tokoh sembarangan tetapi tokoh yang dipercaya menjalankan tugas-tugas oleh negara maupun masyarakat yang menduduki jabatan penting.

Menurut Dr. Rahimullah mantan Sekjend MPR RI yang juga wakil rektor Universitas Satyagama Jakarta menilai, Kaspudin Nor adalah mantan komisioner kejaksaan RI yang juga akademisi senior bahkan pernah menjabat sebagai wakil rektor dan pengurus MUI Komisi Hukum dan HAM adalah Kaspudin Nor sosok yang bersih dan profesional dan layak  menjadi Dewan Pengawas KPK.

Penilaian para tokoh lainnya tersebut karena berdasarkan berbagai pengalaman dan jabatan yang di emban Kaspudin Nor dalam bidang hukum, selain menjadi pengacara yang bersih dan lurus juga banyak mengabdi di organisasi kemasyarakatan dan peduli dibidang sosial, penegakan hukum dan pemberantasan korupsi juga di bidang etik aparat penegak hukum diantarnya di komisi kejaksaan RI dan saat ini, Kaspudin Nor di percaya sebagai Dewan Pengawas Etik Advokat Peradi juga anggota dewan kehormatan ikatan advokat Indonesia  (Ikadin) yang menjaga kode etik.

Sejumlah tokoh yang mengenal sepak terjang Kaspudin Nor dalam dunia hukum organisasi kemasyarakatan dan pengalamannya pernah dipercaya sebagai pejabat negara selaku komisioner komisi kejaksaan yang mengawasi kode etik dan kinerja jaksa dan pegawai kejaksaan,  mengatakan, sosok Kaspudin sudah tidak diragukan lagi.Sebab, Kaspudin dinilai sangat mumpuni dan bersih.

Untuk itu, mereka yakin Kaspudin mampu bersaing dengan calon Dewan Pengawas KPK yang saat ini masih mengikuti tahap akhir untuk lolos ke Gedung KPK.

Saingan Kaspudin sebagai calon Dewan Pengawas KPK ini berasal dari berbagai institusi. Ada yang berasal dari anggota Polisi yang masih aktif, anggota TNI, Kejaksaan, akademisi, LSM dan dari unsur masyarakat lainnya.

Namun hal itu menurut beberapa pengacara, tidak menjadi halangan bagi pengacara senior dan akademisi dosen fakultas hukum Universitas Satyagama Jakarta, yang juga mantan Wakil Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta tersebut  untuk bersaing.

Seperti diketahui, para calon Dewan Pengawas KPK saat ini memasuki tahap profile assesment. Lalu setelah itu menjalani tes wawancara.

Hingga sejauh ini, Kaspudin merupakan salah satu calon yang lolos tes seleksi tertulis dan saat ini telah mengikuti tes tahap profile assesment yang hasilnya akan diumumkan  pada 11 September mendatang.

Hal itu dikatakan oleh Panitia Seleksi (Pansel) KPK.

Wakil Ketua Pansel KPK, Prof. Arif Satria mengatakan , dari profile assesment akan menentukan 20 Capim dan 20 Dewas KPK yang lanjut ke tahap berikutnya.

Menurut Arif Satria tahapan berikutnya  adalah tes wawancara dengan Pansel. Wawancara juga dilakukan dengan beberapa panelis. Tes wawancara rencananya akan digelar akhir September.

Sejumlah dukungan pun mengalir untuk Kaspudin. Para pendukung yakin Kaspudin lolos sampai tahap ahir untuk menuju Gedung Merah Putih



Pewarta: Mo2n/Zul
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

AKP. Sudrianto resmi jabat kasat lantas polres Subang,ini pesan Kapolres

Subang, JMI - Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu pimpin giat upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kasat Lantas Polres S...