WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

2000 Peserta Mengikuti Meriahnya Karnaval Dalam Rangka Menyambut HUT RI Ke-79 Yang Diadakan Pemdes Sambung

GROBOGAN, JMI - Aksi peserta karnaval yang penuh dengan kreativitas beragam busana tersebut diadakan Pemdes Sambung,Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, dalam rangka untuk memeriahkan peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, pada Hari Minggu (25/8/2024).

Start keberangkatan dimulai dari Dusun Ngrojo yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Sambung, Arif Sofianto, SH. Perjalanan sendiri kurang lebih menempuh rute sekitar 5km melintasi Dusun Ngrojo, Dusun Laban, Dusun, Sambung, Dusun Bangkle. Keberangkatan dimulai sekitar pukul 09:00WIB, sepanjang perjalanan peserta tampak senang dan gembira, berbagai atraksi dan hiburan selalu memeriahkan sepanjang rutre karalnaval. 

Peserta sendiri dari kalangan pelajar dari TK, SD, SMP, SMA, serta berbagai elemen lapisan masyarakat Desa Sambung, sepanjang rute yang dilintasi baik penonton maupun peserta terlihat begitu semangat mewarnai menjadi saya tarik tersendiri. 

Aksi para peserta itu, masing-masing diiringi sound sistem kapasitas sedang hingga kapasitas besar yang diangkut menggunakan truk, juga menggunakan kereta mobil serta berbagai kostum pakaian adat, tak ketinggalan pasukan PSHT pun juga ikut memeriahkan karnaval. 

Tak tanggung-tanggung, peserta membuat kreatifitas yang cukup unik dan menarik baik tingkat TK, SD, SMP dan SMA,serta warga masyarakat desa setempat menunjukkan ajang kebolehan tentunya membuat tertawa terpingkal pingkal.

Sesampainya di panggung kehormatan para peserta karnaval menunjukan kebolehannya di depan para juri, termasuk kepala Desa, Sekdes, BPD, Tim kusus penilai, peserta di kasih waktu agar tidak terlalu lama  banyak penonton yang terhipnotis dengan unjuk kebolehan bahkan sempat heboh saat peserta manaqib membaca doa jowo Arab.penpilan joget oleh para peserta yang berpenampilan dan berparas cantik juga membuat suasana panas teriknya matahari tidak terasa. 
 
Kepala Desa Sambung Arif Sofianto SH mengatakan, kegiatan karnaval kali ini kita mengundang masing-masing dusun dari Semua yang mengikuti merupakan warga desa setempat yang jumlahnya ada kurang lebih 2000 peserta.Jelas Kades

"Kegiatan karnaval ini, masing-masing peserta menunjukan kreativitasnya.untuk tahun ini karnaval lebih meriah dibanding tahun lalu," kata kades Arif.

Arif mengatakan kegiatan tersebut melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa, hingga Puskesmas Godong II untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan kesehatan.

"Kami melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa serta tim  medis Puskesmas Godong II untuk jaga jaga. Sejauh ini tidak ada hal hal tidak kita diinginkan" terangnya. 

"Harapan pemerintah desa kepada masyarakat, agar partisipasinya lebih ditingkatkan, kami hanya memfasilitasi, masyarakat yang menyiapkan,"ujar Kades

Sementara itu Sekdes Sambung,Agus yang juga selaku panitia acara kegiatan bersama BPD menyampaikan , bahwa suksesnya kegiatan ini adalah berkat dukungan dari semua lapisan elemen masyarakat Desa Sambung, tentunya setiap tahunnya muncul kreatifitas baru, bahkan setiap tahun tampak meriah, harapan kami karena Pemdes sudah memfasilitasi tentunya kegiatan ini tidak semata hanya hiburan namun disini ajang karnaval ini banyak menyimpan makna arti sejarah disaat peserta menampilkan kreasinya, seperti kostum pahlawan, bambu runcing, pakaian belanda dll. Pungkas Sekdes

, "Dirgahayu Republik Indonesia, Nusantara Baru Indonesia Maju


Pewarta:Heru gun
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

MOU dengan perusahaan Dubai, PERUMDA Tirta Rangga Subang Suplai Air ke pelabuhan Patimban

SUBANG, JMI– Badan usaha milik Daerah (BUMD ) Perumda Tirta Rangga Subang  (TRS) melaksanakan MoU sengan perusahaan Dubai, Uni ...