WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Warga Masyarakat Dusun Nusajaya Desa Bojong Antusias Bangun Jalan Usaha Tani

Cilacap.JMI - Jalan yang baik merupakan salah satu dambaan tiap pengguna jalan. Selain mempercepat waktu berkendara, masyarakat dapat lebih mudah dan nyaman dalam melewatinya.

Fakta di lapangan menggambarkan rata-rata jalan di pedesaan maupun di tengah persawahan masih banyak yang belum layak. Saat musim kemarau, masyarakat harus merasakan dampak kepulan debu yang beterbangan. Saat musim penghujan, masyarakat harus merasakan jalan becek dan licin. Maka dari itu, pembangunan jalan usaha tani menjadi alternatif terbaik dalam mengatasi masalah yang terjadi di lingkungan pertanian. 

Jalan Usaha Tani (JUT) yaitu jalan yang dibangun oleh pemerintah atau masyarakat untuk memudahkan transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian. Jalan ini biasanya menghubungkan antara lahan pertanian dengan jalan raya utama, serta menghubungkan antara lahan pertanian dengan sumber daya pertanian seperti irigasi dan input pertanian lainnya. JUT menjadi solusi dalam meningkatkan aktivitas pertanian warga setempat.

Jalan Usaha Tani (JUT) menjadi salah satu program kerja Pemerintah Kabupaten/Dinas Pertanian Cilacap yang bekerjasama dengan pemerintah Desa, salah satunya Desa Bojong Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap.

Pembangunan tersebut bertempat di Dusun Nusajaya RT 02 RW 06 Desa Bojong dan dikerjakan oleh Kelompok Tani Sri Makmur IV dengan biaya sebesar Rp.199.940.000.- bersumber dari Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024.

Ketua Kelompok Tani Sri Makmur IV Siran yang di dampingi Bendahara Sunaryo mengatakan, jalan usaha pertanian memiliki peran cukup penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Dusun Nusajaya. 

"Pembangunan JUT memudahkan masyarakat yang melewati jalan sekitar, dan semoga dengan adanya pembangunan jalan usaha tani ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian,"jelasnya.

"Selanjutnya kami mewakili warga Dusun Nusajaya serta pengurus Kelompok Tani Sri Makmur IV Desa Bojong Kecamatan Kawunganten, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang telah menyalurkan dana sebesar itu kepada kami untuk pembangunan jalan usaha tani, semoga kami bisa menjalankan amanah yang diberikan pada kami,"katanya.

Selanjutnya Siran berharap, kedepan ada lagi bantuan Kepada Kelompok Tani Sri Makmur IV,baik itu dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun pusat, karena menurutnya masih banyak kebutuhan untuk menunjang pertanian kedepan.


Pewarta : Edy/Eko
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

MOU dengan perusahaan Dubai, PERUMDA Tirta Rangga Subang Suplai Air ke pelabuhan Patimban

SUBANG, JMI– Badan usaha milik Daerah (BUMD ) Perumda Tirta Rangga Subang  (TRS) melaksanakan MoU sengan perusahaan Dubai, Uni ...