WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

KNPI Kabupaten Berau Gelar Dialog Untuk Meningkatkan SDM Lokal

TANJUNG REDEB, JMI - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Berau akan melaksanakan Dialog Publik dengan tajuk “Peningkatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Berau” pada Tanggal 7 Agustus 2024 mendatang di Cafe Kopiria, Jalan Diponegoro , Kecamatan Tanjung Redeb.

Ketua Panitia, Bustan Efendi mengatakan, dalam pelaksanaan dialog publik tersebut pihaknya akan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, Zulkifli Azhari perwakilan dari Pemkab Berau, Anggota Komisi II DPRD Berau, Feri Kombong perwakilan dari legislatif, dan Mahfuzh Huda perwakilan dari akademisi.

“Moderator acara ini akan diisi oleh Muhammad Tegus Satria,” ujar Bustan.

Lanjut  pelaksanaan dialog publik ini dilaksanakan adalah sebagai upaya bagi DPD KNPI Berau untuk bisa memaksimalkan sumber SDM di Kabupaten Berau bisa lebih maksimal diperdayakan, khususnya oleh perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Berau.

“Kami menilai saat ini serapan tenaga kerja lokal di Berau sangat kurang. Karena masih banyak perusahaan yang masih mengandalkan orang luar dibandingkan tenaga kerja lokal di Berau,” ungkapnya.

Kabupaten Berau kata dia memang sudah memiliki peraturan daerah yang mengatur tentang perlindungan tenaga kerja lokal. Namun menurutnya hal itu masih belum optimal dan diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang ada saat ini.

“Memang tidak semua perusahaan seperti itu, tapi kan kebanyakan demikian,” tegasnya.

“Banyak tenaga kerja lokal kita yang mengeluhkan susahnya mendapatkan pekerjaan di rumah sendiri. Tapi di lapangan tenaga kerja dari luar dapat dengan mudah masuk dan mendapatkan pekerjaan di Berau,” sambungnya.

Bustan mengakui, memang kebanyakan tenaga kerja lokal kurang dari segi keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan.

Akan tetapi seharusnya perusahaan bisa memberikan pembekalan dan kemampuan sebelumnya kepada para tenaga kerja lokal agar siap kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Skill SDM kan bisa dibangun dan dibentuk. Kenapa perusahaan tidak bisa memberikan hal tersebut,” ucapnya.

Dirinya berharap, dengan pelaksanaan dialog publik yang dilaksanakan DPD KNPI Berau ini bisa merubah pemikiran para pemangku kebijakan yang ada untuk lebih memberikan perhatiannya kepada para tenaga kerja lokal yang ada di Kabupaten Berau ini.

“Kalau bukan kita-kita yang membantu para tenaga kerja kita siapa lagi kan. Persiapan pelaksanaan kegiatan dialog publik kita saat ini sudah mencapai 80 Persen. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan membantu serta kegiatan bisa berjalan lancar dan sukses,” tandasnya



Pewarta : red jmi
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

MOU dengan perusahaan Dubai, PERUMDA Tirta Rangga Subang Suplai Air ke pelabuhan Patimban

SUBANG, JMI– Badan usaha milik Daerah (BUMD ) Perumda Tirta Rangga Subang  (TRS) melaksanakan MoU sengan perusahaan Dubai, Uni ...