WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Biadab Dugaan Politik Uang, Arahkan DPT Ke Salah Satu Calkades di Desa Tambakreja

CIAMIS, JMI - Politik uang yang merujuk pada penggunaan uang sebagai alat untuk memperoleh pengaruh politik telah merusak integritas politik dan membahayakan prinsip-prinsip demokrasi.

Politik uang mengubah politik menjadi arena transaksi, di mana kepentingan pribadi atau kelompok dipertaruhkan untuk mencapai tujuan politik tertentu. Dalam konteks ini, kepentingan publik sering kali terabaikan dan kebijakan yang dihasilkan cenderung mendukung pihak yang memiliki kekayaan finansial. Praktik money politic (politik uang) kali ini terjadi pada tahapan Pemilihan kepala Desa (Pilkades) PAW Desa Tambakreja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Ada pengakuan dari salah satu warga yang mengaku telah menerima uang untuk pengkondisian para RT dalam membuat DPS/DPT yang mengarahkan ke salah satu calon kepala desa (calkades).

Sementara itu, dua balon kades telah melaporkan terkait dugaan atau indikasi adanya praktik politik uang kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa Tambakreja namun tidak ada respon dan tidak ada tindak lanjutnya. Terus terkait dengan adanya temuan temuan tersebut kepada siapa kami harus mengadukan? kan ini janggal, ujarnya.

Dalam wawancara dengan media setelah selesai acara serah terima berkas tentang keberatan dari ke 2 balon kades di kantor Desa Tambakreja, Ketua Pemilihan Kepala Desa PAW Desa Tambakreja, Andi, mengatakan telah merespon keberatan ke 2 balon kades tersebut untuk meminta jawaban dari pihak kampus Unigal secara tersurat dan jawaban dari pihak kampus Unigal juga secara tersurat, terangnya. Sabtu,(03/08/2024)

Terkait dengan adanya dugaan praktik politik uang dalam pengkondisian DPT dari salah satu cakades, Andi menjelaskan itu bukan ranah kami dan kalau pun ada bukti silahkan laporkan saja ke kepolisian kepada polsek melalui aduan, jelas andi.

Kendati begitu, kalaupun nantinya dalam perjalanan pelaksanaan Pilkades PAW di Desa Tambakreja ada temuan – temuan lain terkait keabsahan dokumen administrasi silahkan laporkan ke pihak yang berwajib, pungkasnya



Pewarta: team
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

MOU dengan perusahaan Dubai, PERUMDA Tirta Rangga Subang Suplai Air ke pelabuhan Patimban

SUBANG, JMI– Badan usaha milik Daerah (BUMD ) Perumda Tirta Rangga Subang  (TRS) melaksanakan MoU sengan perusahaan Dubai, Uni ...