WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kapolres Subang Dampingi Pj.Bupati Saat Pimpin Giat Apel Besar Kesiapan Pilkada Serentak 2024, Ingatkan ASN yang Tidak Netral Diberi Sanksi Administrasi dan Bisa Kena Sanksi Pidana

SUBANG, JMI - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada Nopember mendatang, Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu, S.H., S.I.K., M.H., dampingi Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd., saat pimpin giat Apel Besar Kesiapan Pilkada di lapang Alun-alun Kabupaten Subang, Senin, 29 /7/2024 sekitar pukul 07.30 WIB.

Dalam Giat apel besar tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Subang, Bersama Sekda Kab. Subang, Ketua KPU kab. Subang, Ketua Bawaslu Kab. Subang, Kapolres Subang, Dandim 0605/Subang, Dansubdenpom Kab. Subang, Danyonif 312/KH Kab. Subang, Danlanud Suryadarma Kab. Subang, Kabag Ops Polres Subang, Para PJU dan Perwira Polres Subang, Para Kapolsek Jajaran Polres Subang, Personel Polres Subang, Personel Subdenpom Subang, Personel Kodim 0605/Subang, Personel Yonif 312/KH, Personel Lanud Suryadarma Kab. Subang, Personel Damkar Kab. Subang, Personel BPBD Kab. Subang, Personel Tagana Kab. Subang, Personel Dishub Kab. Subang, beserta Personel Poldam Kab. Subang.


Penjabat Bupati Subang, Dr. Imran dalam amanatnya menekankan pentingnya netralitas ASN dalam pelaksanaan Pilkada Serentak mendatang. Dr. Imran menyebutkan seluruh ASN tanpa kecuali harus mengikuti aturan terkait netralitas ASN tersebut.

"Pagi hari ini kita kembali melaksanakan Apel Besar kesiapan Pilkada Serentak. Ketentuan ini (netralitas ASN) secara tertulis digariskan di dalam Undang-Undang terkait dengan Pemilu maupun Pilkada."ucapnya

Lebih lanjut,"Dr. Imran mengingatkan sanksi bagi ASN yang tidak netral bukan hanya sebatas sanksi administrasi tetapi bisa dikenai sanksi pidana.

"Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin mengingatkan kepada seluruh ASN tidak hanya bisa dijatuhkan sanksi administratif tetapi juga bisa dipidanakan."Tegasnya.


Dr. Imran berharap seluruh ASN Kabupaten Subang menjiwai terkait perannya dalam menjadi ujung ombak menjaga kondusifitas, keamanan, dan ketertiban Pilkada Serentak mendatang.

"Saya berharap para ASN untuk berhati-hati. Kemudian yang selanjutnya yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini juga, ASN adalah ujung tombak di dalam menjaga kondusifitas, keamanan, dan ketertiban selama pelaksanaan pilkada berlangsung."harapnya

Dr. Imran pada kesempatan tersebut juga menyampaikan tidak pernah menghalangi ASN untuk ikut dalam kontestasi asalkan mengikuti peraturan yang berlaku.

Terkait pelaksanaan Pemilu 2024 lalu Dr. Imran mengpresiasi seluruh pihak yang telah ikut serta dalam menjaga kondusifitas. Namun Dr. Imran mengingatkan Pilkada berbeda dengan Pemilu karena suhu politik lebih panas di daerah sehingga semua pihak harus tetap waspada menyongsong Pilkada Serentak mendatang.

"Kita tahu Pemilu yang lalu alhamdulillah Subang beserta seluruh warga masyarakatnya bisa menjaga kondusifitas. Kalau pada Pemilu yang lalu mungkin panasnya itu lebih banyak itu di tingkat Nasional karena berbicara mengenai perpolitikan Nasional, tetapi Pilkada itu ada di tingkat lokal sehingga mungkin panas-panasnya demam-demamnya itu ada pada tingkat lokal."

Dr. Imran selanjutnya menginstruksikan agar apa yang Ia sampaikan dalam Apel Besar kali ini dapat disebarluaskan hingga ke tingkat desa sehingga seluruh ASN di Subang mampu menjadi penjaga kondusifitas dan netralitas utamanya dalam hal menyaring dan menyebarluaskan informasi yang beredar.


"Kita membuka saluran kepada Bapak dan Ibu sekalian untuk menyampaikan berbagai macam informasi yang tidak benar, baik itu pada tingkat desa, kelurahan, kecamatan, maupun di tingkat kabupaten. Selesai kita melaksanakan Apel Besar ini secara berjenjang mulai dari kecamatan sampai dengan tingkat desa dan pengurahan mulai mengkonsolidasikan terkait dengan masalah netralitas ASN ini. Perlu sosialisasi yang mendalam, perlu pendidikan politik yang baik yang perlu dilakukan kepada masyarakat, sehingga masyarakat juga sadar akan hak dan kewajibannya selama penyelenggaraan Pilkada ini."

Menutup amanatnya Dr. Imran berharap angka partisipasi masyarakat Subang dalam Pilkada Serentak mendatang mengalami peningkatan.

"Kita tahu untuk pemilu pada tahun 2024 ini tingkat partisipasi masyarakat Subang luar biasa. Hampir menyentuh 83 persen. Kita berharap Pilkada juga bisa mengikuti penyelenggaran Pemilu yang lalu. Kita berharap tahun ini bisa menembus 80 persen Apakah kita sepakat semuanya? Setuju ya?" Pungkas Dr. Imran.

 

Pewarta: Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

MOU dengan perusahaan Dubai, PERUMDA Tirta Rangga Subang Suplai Air ke pelabuhan Patimban

SUBANG, JMI– Badan usaha milik Daerah (BUMD ) Perumda Tirta Rangga Subang  (TRS) melaksanakan MoU sengan perusahaan Dubai, Uni ...