WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Agar Kuat Puasa, Ini Pilihan Nutrisi Tepat Saat Sahur

 

Jakarta, JMI - Makan sahur penting untuk diperhatikan agar kuat dan tetap bertenaga saat berpuasa. Tak boleh sekedar mengenyangkan perut, asupan yang dikonsumsi saat berpuasa juga harus dipastikan bernutrisi demi bantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh saat berpuasa.

Dikutip dari berbagai sumber, ini asupan makanan yang harus diperhatikan untuk dikonsumsi saat sahur

1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan selama berpuasa agar tubuh tidak cepat lemas. Disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks karena makanan ini dapat dicerna lebih lama, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama pula.

Salah satu jenis karbohidrat kompleks yang mudah didapatkan di antaranya roti gandum, oatmeal, dan sereal. Karbohidrat kompleks ini setara dengan sepiring nasi atau spaghetti.

2. Protein

Protein merupakan nutrisi penting yang berperan sebagai pembangun sel dan membantu mempertahankan massa otot. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 0,8 gram protein per kilogram berat badannya. Kebutuhan protein seseorang dapat bervariasi tergantung aktivitas fisik dan riwayat kesehatan masing-masing.

Berdasarkan hasil studi mengonsumsi protein akan membuat perut kenyang lebih lama. Ada banyak makanan kaya protein yang mudah ditemukan bahkan dengan harga terjangkau. Beberapa di antaranya telur, tempe, daging ayam, dan daging sapi.

3. Sayur dan Buah

Sayur-sayuran tidak boleh dilewatkan pada setiap waktu makan termasuk ketika sahur. Kandungan mineral dan vitamin alaminya dapat membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dan tidak lemas saat berpuasa.

Konsumsi sayur dan buah-buahan saat sahur juga dapat membantu menghidrasi tubuh selain minum air mineral. Di samping itu, seseorang juga perlu mengonsumsi sayur-dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan serat harian

Beberapa buah yang direkomendasikan misalnya semangka, stroberi, jeruk, tomat, timun dan berbagai buah-buahan lainnya. Adapun sayur-sayuran yang bisa dikonsumsi ketika sahur seperti bayam, wortel, brokoli, dan lain sebagainya

4. Susu atau Yoghurt

Selain mengonsumsi protein dan serat, mengonsumsi susu atau yogurt dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Susu mengandung kalsium yang berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi. Selain itu, vitamin yang terdapat dalam susu juga membantu memperkuat daya tahan tubuh saat berpuasa.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi susu saat waktu berbuka untuk memulihkan energi yang hilang selama berpuasa. Mengonsumsi susu sebelum tidur di malam hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

5. Kacang-kacangan atau Kurma

Kacang dinilai menjadi bahan makanan alami yang paling bermanfaat untuk manusia. Kacang yang kecil memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang padat dan lebih besar dari ukurannya yang terlihat.

Kacang yang dikonsumsi sebagai menu sahur juga dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan. Mulai dari camilan menunggu waktu imsak atau bahkan menjadi susu nabati yang enak dan menyegarkan.

Selain itu, olahan selai kacang juga tidak kalah bermanfaat jika ingin disantap saat sahur. Selai kacang yang terbuat dari kacang tanah maupun kacang almond lebih padat protein sehingga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Makanan lainnya yang disarankan saat sahur yaitu kurma. Buah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW ini kaya akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), sebuah penelitian menyebutkan jika sepotong buah kurma yang dimakan setara dengan 85-87% dari beratnya. Kurma mengandung 20-24% air, 70-75% zat gula, 2-3% protein, 8,5% serat dan kadar lemak yang rendah.

Dengan memenuhi sederet kebutuhan makanan di atas, kamu bisa mendapatkan nutrisi yang penting bagi tubuh. Sebaiknya pilihlah makanan yang mudah dicerna tubuh untuk menghindari rasa tidak nyaman pada perut saat berpuasa. Selain itu, penuhi kebutuhan cairan agar terhindar dari haus dan lemas saat puasa, salah satunya dengan minum susu yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh.

 

Sumber: Detik

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...