WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Hadapi Musim Penghujan, TNI Polri Bersama Forkopimda Kota Sukabumi Lakukan Mitigasi Aliran Sungai Cimandiri

SUKABUMI, JMI - Dalam Rangka Mengecek Aliran Sungai Cimandiri Untuk Mengurangi Resiko Bencana, TNI-Polri Bersama Pemda Kota Sukabumi Melaksanakan Kegiatan Mitigasi Aliran Sungai Cimandiri Kota Sukabumi.Kegiatan Tersebut, Berlokasi di Leuwi Picung Sungai Cimandiri, Tepatnya di Belakang Terminal Angkutan Umum Cicadas 21, Jalan Proklamasi, Kampung Curug Gelar, RT.06/01, Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Selasa (09/01/2024).

Dalam kegiatan ini, dihadiri oleh PJ Walikota Sukabumi Drs. Kusmana Hartadji MM., Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf. Yudhi Hariyanto S.Hub.Int., Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setiawan Wibowo S.H., S.I.K., M.Si., Kadispora Kota Sukabumi) Tejo Condro Nugroho AP.MT., Ir. Asep Irawan (Ka DLH Kota Sukabumi), Nopian (Kalak BPBD Kota Sukabumi), Eris (Kabid PSDA PUPR Kota Sukabumi), Personel Kodim 0607/Kota Sukabumi, Personel Polresta Kota Sukabumi, Personel BPBD Kota Sukabumi, Personel Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, dan Personel Sat Pol PP Kota Sukabumi.


Pelaksanaan Mitigasi di mulai dari (Start) di Leuwi Picung Sungai Cimandiri, Forkopimda Kota Sukabumi menaiki perahu karet untuk menyisir aliran sungai Cimandiri, dan berakhir (Finish) di kawasan Wisata Pemandian Air Panas Cikundul aliran Sungai Cimandiri.

Diakhir kegiatan, Dandim 0607/Kota Sukabumi, Letkol Inf. Yudhi Hariyanto S.Hub.Int. menyampaikan,"Alhamdulillah barusan kita bersama Forkopimda maupun Instansi terkait bersama-sama melakukan Mitigasi bencana dengan sasaran sungai Cimandiri. Karena kita ketahui bersama, Sungai Cimandiri ini melintasi melintasi wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi potensi rawan bencana yang cukup tinggi," terangnya.

Ia menambahkan, bahwasannya sekarang memasuki musim penghujan tentunya harus ada langkah langkah yang harus di lakukan oleh pihaknya bersama Instansi terkait.


"Misalnya kita lihat bersama tadi banyak sampah dan juga ada tanah tanah yang abrasi bantaran sungai. Tentunya, beberapa kegiatan bisa kita lakukan, seperti penanaman pohon, penghijauan di bantaran sungai. Sehingga walaupun mungkin hujan mengakibatkan debit aliran yang cukup tinggi, ya diharapkan tidak berpengaruh,"bebernya.

Karena, sambung Dandim, apabila terjadi meluapnya air, warga masyarakat di sekitaran bantaran sungai akan waspada.

"Dengan awal kegiatan ini, akan dilanjutkan dengan kegiatan berikutnya,Pungkas Dandim.

Kegiatan Mitigasi yang dilaksanakan ini,dalam rangka mengecek aliran Sungai Cimandiri untuk mengurangi resiko bencana sekaligus meningkatkan kemampuan dalam menghadapi bencana alam.

 

JMI/Red

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...