WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Sosialisasi PMI Desa Kedaung di Apresiasi Camat Mekarbaru dengan Narasumber dari Disnaker Kab.Tangerang dan BP2MI


TANGERANG, JMI
- Sosialisasi tentang Pekerja Migran Indonesia (PMI) digelar di Desa Kedaung Kecamatan Mekar Baru Kabupaten Tangerang Banten, dengan pemaparan dari tim Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan Disnaker Kabupaten Tangerang Banten.

Mengingat dengan pola usaha masyarakat di antaranya Desa Kedaung sebagian bekerja di luar negeri, sedangkan banyak sebagian warga pada umumnya di setiap daerah hobi kerja di luar negri secara non prosedural dengan tanpa memperhitungkan segala resiko, maka Camat Mekarbaru dan Kepala Desa Kedaung bergandengan dengan tim dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan Disnaker Kabupaten Tangerang  melaksanakan sosialisasi dengan tema sosialisasi pencegah penempatan tenaga kerja Migran Indonesia secara non prosedural.

Terselenggara di aula Kantor Desa Kedaung Kamis, 02 November 2023.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kades Kedaung H Yakub AR dengan Asn Sekdes Kedaung Bpk Suntara beserta jajaran, Camat Mekarbaru Aan Ansori , s.ip.m,si, dengan sekcam Mekar Baru Udin,S,ag.m,si. Bpk Mufti Ali Kasi umum dan Staf Kasi Trantib beserta anggota, Tokoh Agama Ustadz Abdul Aziz, para RT, para RW dan para tokoh masyarakat ormas beserta masyarakat Desa Kedaung.

Kades kedaung Bpk H Yakub AR mengawali penyampaiannya dengan penuh harapan bahwa, "Karena yang namanya penyaluran tenaga kerja di luar negri itu telah menjadi dilema bagi kepala desa, terkait dengan prosedur yang harus kita tempuh lumayan rumit persyaratannya, apalagi dengan pembatasan wilayah sebagian ditutup sementara ataukah selamanya.

Kades juga berharap, "Selaku pihak desa mengharapkan arahan Camat dan pihak Disnaker beserta BP2MI, dengan adanya sosialisasi ini semoga masyarakat kita bisa mengerti apabila memberangkatkan keluarganya ke luar negeri, mengerti dengan prosedurnya dalam rangka bekerja dan setidaknya paham dengan segala resikonya," Pungkas Kades Kedaung.

Camat Mekar Baru Bapak Aan Ansori,s.ip.m,si, menghimabau kepada lapisan masyarakat Mekar Baru khususnya Desa Kedaung, "Jangan sampai warga mekar baru ada terjadi lagi kasus tenaga kerja di luar negeri, bahkan ada yang sudah setahun ini warga mekar baru di luar negeri tidak ada kabar dan di duga meninggal dunia, makanya harus berhati-hati baik di lihat dari status sponsornya, Perusahaannya dan prosedurnya harus jelas," ucap Camat Mekar Baru.

Iis Kurniawati tim dari Disnaker Kabupaten Tangerang menyampaikan, "PMI itu harus lengkap prosedural nya ada izin dari suami atau istrinya dan apabila yang mau kerja di luar negeri itu masih singgel harus ada izin dari orangtua di ketahui kepala desa.

Lanjut Iis Kurniawati, "Yang selama ini di sebut non prosedural itu tidak melalui desa dan dinas, hanya melalui sponsor langsung pemberangkatan, jadi prosesnya instan bahkan ada juga hanya dengan syarat ktp," Papar Iis Kurniawati.

Sambutan terakhir dari tim BP2MI Ibu Andita memberi arahan bahwa, "Syarat untuk menjadi PMI itu ialah status perkawinan, izin keluarga, medical cek up atau keterangan kesehatan, visa kerja kalau melalui PT ada perjanjian penempatan dengan BP3MI dan perjanjian kerja dengan pemberi kerja," Tutup pemaparan Andita.

 
Pewarta : MULYADI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...