WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Polres Grobogan Gelar Sosialisasi, Koordinasi Forum Lalulintas di Gedung Aula MAN 1 Grobogan 'Fokus Dalam Penekanan Laka Lantas'

GROBOGAN, JMI - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Grobogan menggelar rapat koordinasi melalui Forum Lalulintas yang berlangsung di aula MAN 1 Jl R Suprapto Purwodadi Grobogan, Jumat (10/11/23).

Forum yang sudah lama terbentuk itu di pimpin Kasatlantas Polres Grobogan yang anggotanya terdiri dari Dinas PUPR, Dinkes, Disdik, Dishub, MAN Purwodadi, Jasa Raharja, Cabdin Pendidikan IV Jateng, Satpol PP.

“Forum tersebut membahas permasalahan di bidang lalulintas di wilayah Kabupaten Grobogan seperti kecelakaan dan pelanggaran lalulintas serta kegiatan lalin yang lainnya.” kata Iptu Duddy Lukman Prabowo, SH (KBO Satlantas) disela sela rakor tersebut.

Sebagaimana diketahui Forum Lalu lintas itu ada 5 pilar keselamatan yakni Polri, Dishub, Dinkes, DPUPR dan Jasa Raharja. Dalam rakor kali ini Polres menggandeng MAN ( Kemenag RI) dan Dinas Pendidikan.


Selain Kasatlantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono, SH, hadir pula Kepala MAN Purwodadi Drs H. Suprapto, MPd, perwakilan Jasa Raharja, Dinas terkait, KBO Satlantas Iptu Duddy Lukman Prabowo, SH, Kanit Kamsel Satlantas Ipda Agus Salim, Urmintu Bripka Angga Kusuma dan staf Satlantas Polres Grobogan lainnya.

Dalam forum tersebut setiap pertemuannya selalu mengevaluasi kejadian laka lalulintas baik angka kejadian, jumlah korban, kerugian material maupun jumlah pelanggaran lalin baik waktunya maupun jenis pelanggaran serta usia pelanggar nya. Sehingga dengan evaluasi tersebut para pihak dapat melakukan tindakan cegah dini dalam berbagai bentuk yang pada akhirnya bisa menekan angka kecelakaan serendah mungkin.

Seperti yang disampaikan KBO Satlantas Polres Grobogan Iptu Duddy dalam pemaparannya terkait kejadian kecelakaan, selama tahun 2023 (Januari- Oktober) kecelakaan lalin di Grobogan cukup tinggi jumlahnya mencapai 866 kasus dengan korban meninggal sebanyak 110 orang, luka ringan 911 orang. Kecelakaan sebanyak itu didominasi kendaraan bermotor roda dua, kata Duddy.

Sementara itu Kasatlantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono, SH menjelang akhir pertemuan menandaskan perlunya budaya berlalulintas, yang baik, kalau budaya lalulintasnya sudah bagus berarti mencerminkan budaya yang baik pula, demikian juga bila ekonominya baik maka berimbas pada lalulintas yang baik pula, yang akhirnya kecelakaan lalin bisa turun angka kejadiannya.


Dengan kondisi permasalahan lalulintas yang ada, Kasatlantas yang baru 2 minggu menjabat itu berharap agar Forum Lalulintas Grobogan bisa berperan aktif dan mampu memberikan masukan dalam rangka menekan angka kejadian lalulintas di Kabupaten Grobogan. “Saya harap Forum ini bisa mampu memberi input yang baik demi menekan angka kejadian lalin” ujarnya.

Dalam pertemuan Forum Lalin kali ini menghasilkan 4 rekomendasi, yakni Polri dan Disdik melaksanakan sosialisasi tertib lalin di sekolah-sekolah, Polri dan DPUPR melaksanajan survey terkait jalan yang rusak, Polri dan Dishub survey terkait kebutuhan rambu, marka dan penerangan jalan, serta Polri dan Dinkes termasuk BPJS membuat MOU terkait korban laka lalulintas.

 

Pewarta: Heru gun

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...