WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Grobogan Didampingi Kepala Dinas Pertanian Terima Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

GROBOGAN, JMI - Bupati Grobogan Sri Sumarni SH, MM meraih penghargaan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya 2023, penghargaan tersebut diberikan atas dedikasinya di bidang pertanian melalui program-program yang dianggap sukses dan membantu Pemerintah dalam bidang pertanian.

Masyarakat Kabupaten Grobogan cukup bangga atas prestasi yang diterima Bupati Sri Sumarni, yaitu berupa Penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia.

Pemberian penghargaan ini diterima dalam acara Pekan Nasional (Penas) ke XVI Petani dan Nelayan tahun 2023 di Kawasan Lanud Sutan Sjahrir oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo Padang Sumatera Barat pada hari Sabtu (10/06/2023).

Penas 2023 digelar pada 10 hingga 15 Juni 2023 dengan mengambil tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Grobogan didampingi Kepala Dinas Pertanian DR.Sunanto.


Penghargaan ini adalah prestasi Kabupaten Grobogan yang saat ini menjadi salah satu daerah penyangga pangan nasional. Untuk produksi padi Kabupaten Grobogan berada diurutan ke-7 Tingkat Nasional, sedangkan produksi jagung dan kedelai menjadi yang terbesar Tingkat Nasional,"terang Sri Sumarni.

Salah satu inovasi yang dikembangkan di Kabupaten Grobogan adalah Rumah Kedelai Grobogan (RKG) dan Rat Hunter. RKG menjadi pusat pengembangan kedelai secara komprehensif, yakni memiliki beberapa bidang, Seed Center, Training Center, Rumah Tempe, dan Tahu Higeina serta Resto yang didominasi bahan baku kedelai lokal Non-GMO," Ungkap Sunanto Kadin Pertanian Grobogan.

Disisi lain, Kedelai Varietas Grobogan menjadi benih terbanyak terhadap petani secara nasional," Imbuhnya.

Tak kalah pentingnya, Rat Hunter menjadi inovasi yang cukup efisien dalam pengendalian hama tikus yang cukup mengganggu produksi pertanian.


Saat ini terdapat sekitar 1.500 Rumah Burung Hantu yang tersebar di Kabupaten Grobogan," pungkas Sunanto.

Penghargaan tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada para warganya yang telah memberikan darma bakti yang besar kepada Negara dan Bangsa Indonesia sehingga dapat menjadi tauladan bagi orang lain yaitu Satyalancana Wira Karya.

Atas penghargaan yang diterimanya, Bupati Grobogan Sri Sumarni menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden RI, dan semoga penghargaan ini akan bermanfaat untuk Kabupaten Grobogan," Ucapnya.

Kedepan menjadi dorongan dan support yang bermakna bagi Kabupaten Grobogan untuk terus meningkatkan produksi pertanian meliputi padi, jagung, dan kedelai.

Tentu penghargaan ini sebagai inspirasi bagi daerah-daerah lain agar berlomba-lomba meningkatkan produksi pertanian yakni kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan," pungkasnya.

 

Pewarta: Heru Gun
Editor: Saddam Alkhadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...