WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemerintah Desa Ciawi Laksanakan Bimbingan Teknis Pelatihan Ketahanan Pangan

 

Kab. Bogor, JMI - Program lanjutan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Perikanan tentang ketahanan pangan yang diadakan di aula kantor Desa Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor dihadiri oleh Kades Ciawi, Sekdes Ciawi, Kasie Kesra, peserta Kelompok Tani, serta tamu undangan lainnya,  Senin (29/05/2023)

Dalam sambutannya Kades Ciawi H. Nana Sumarna, S,Ag. mengatakan pada hari ini kita melaksanakan program Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Perikanan dan ketahanan pangan merupakan Program lanjutan tahun anggaran 2023, diharapkan dapat mendorong keberlangsungan kelompok tani, sekaligus dengan adanya program bimtek ini kita undang dari Universitas Juanda, agar pelatihan tersebut dapat berjalan dan diharapkan dengan baik,” Tuturnya


Untuk Desa Ciawi mendapatkan program lanjutan ketahanan pangan, sehingga dapat dirasakan langsung oleh peserta kelompok untuk peserta sebanyak 30 orang yang kita targetkan, bahwa ketahanan pangan ini yaitu dengan penanaman benih seperti sayuran selada, bayam, ada juga sayuran pagoda, bahkan penanaman sayuran ini dilakukan dengan sistem hidroponik termasuk ketahanan pangan dalam bentuk ikan nila merah bangkok, sedangkan untuk setiap peserta mendapatkan 50 ekor bibit ikan nila merah bangkok.

Sehingga kita sudah memiliki kolam ikan sendiri bahkan ikan tersebut bisa mencapai sekitar dua kilo per ekornya, adapun  ketahanan pangan ini yang berlokasi di RT 01/04 kampung tipar desa ciawi kecamatan ciawi.

Kemudian untuk tahun 2023 ini kita menganggarkan  ketahanan pangan sebesar 20% dibagi dua titik, satu ketahanan pangan kolam ikan dalam bidang perikanan, yang kedua ketahanan pangan peternakan puyuh dan puyuh ini bukan pedaging tapi telur, dan penyuplaiannyapun  yaitu langsung kita pasarkan melalui pasar sekitar ciawi sedangkan suplai telurpun dalam perhari sebanyak 1500 butir telur dan itupun masih kurang," Tandasnya.

 

Pewarta: Machrudin
Editor: Saddam Al-Khadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...