WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Presiden INAMPA Berikan motivasi kepada puluhan mahasiswa UNU Cirebon di Galuh Pakuan


Subang JMI,
President Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA), Pasoroan Herman Harianja berikan motivasi kepada 30 mahasiswa jurusan Rekaya laut dan perkapalan hasil kerja sama LAK Galuh Pakuan dengan universitas Nahdlatul ulama (UNU) Cirebon, bertempat di Karatwan Galuh Pakuan, Rabu 9 Maret 2022. 

Presiden Indonesian maritime pillots Association Pasoroan Herman Harianja kepada awak media mengatakan kepada para mahasiswa UNU Cirebon hasil prakarsa Raja Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi ini harus sudah mempersiapkan diri menjadi pelaku pelaku pelabuhan patimban, kemaritiman, dan kepelabuhan,"imbuhnya.

"Kehadiran Pelabuhan Internasional Patimban harus ada nilai tambah kepada masyarakat Subang.  Nilai tambah apa, pertama dari sisi ketenagakerjaan. Bagaimana warga di sini harus mendapat pekerjaan. Maka dari itu, kami salut kepada UNU Cirebon yang di Subang ini menyiapkan jurusan kemaritiman. Jadi kita tidak hanya menuntut tetapi mempersiapkan diri," ujar Herman. 

Dia pun punya keyakinan bahwa 30 mahasiswa UNU Cirebon yang hadir ini punya semangat tinggi, spirit yang tinggi, dan kemauan yang juga tinggi. Mereka harus mempersiapkan diri, dari tiga aspek. 

Pertama, persiapan Hard Skill. Siapkan keahlian bidang kemaritiman, logistik, dan kepelabuhan. Kedua, siapkan Soft skill. 

"Tingkatkan kemampuan komunikasi terutama menggunakan bahasa Inggris, sebab kemaritiman ini adalah bisnis internasional. Di samping itu, mahasiswa harus punya etos kerja, disiplin diri dan kemauan tinggi. Kemudian tingkatkan Networking, dan gunakan itu untuk menjual kemampuan diri. Dari situ lah kita bisa berprestasi sehingga membanggakan bangsa agama, serta orang tua," imbuhnya. 


Herman juga menilai, sesuai program jenjang strata 1 sebanyak 8 semester mahasiswa dapat mencapai keahlian yang dibutuhkan dunia kemaritiman. Ini universitas baru, luar biasa bisa menjadi contoh bagi yang lain. 

"Sering datangkan pembicara pembicara handal seperti yang saya sampaikan menjadi motivasi yang bagus. Bidang Pelayaran, Bidang Perkapalan dan sebagainya. Didukung pula oleh Bupati Subang, Raja Galuh Pakuan RM Evi Silviadi dan pihak kampus UNU Cirebon. UNU akan jadi kampus maju bertaraf internasional," 

"Kini Pelabuhan sudah ada, menurutnya,"ini sebuah kesempatan besar. Mari kita persiapkan diri. Kita juga perlu mendorong anak muda agar mau maju. Mereka harus yakin bahwa meka adalah putra daerah yang membanggakan. dirinya mencontohkan, seorang pengusaha Jack Ma mengatakan orang miskin banyak menunggu, sementara orang kaya menjemput tidak diam menunggu," tandasnya. 

Sebelumnya, Presiden INAMPA telah menemui Bupati Subang Ruhimat didampingi Ketua PCNU KH Satibi dan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi.


Agus Hamdan/JMI/Red

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

*Peringati Harhubnas 2024 di lapang alun-alun Subang, Pj. BupatiSubang mewakili Pj.Gubernur Jabar Bertindak sebagai inspektur upacara, Bacakan sambutan menteri perhubungan RI,Tranportasi maju Nusantara Baru

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Perhubungan Nasional (HARH...