WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Resmikan Puskesmas Palasari yang Pembangunannya Telan Biaya 4,9 M, Harap Pelayanan Prima untuk Masyarakat

Subang JMI - Bupati Subang Haji Ruhimat, meresmikan Gedung Baru Puskesmas Palasari Kecamatan Ciater Kabupaten Subang, Rabu 2 Februari 2022. 

Hadir dalam kesempatan peresmian gedung baru puskesmas Palasari di antaranya kepala dinas kesehatan Dr.Maxi beserta jajaran, asisten daerah bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, kepala dinas pertanian, camat beserta jajaran muspika kecamatan ci ater, kepala puskesmas kecamatan ci ater bersama nakes.

Bupati Subang H.Ruhimat hadir dalam peresmian puskesmas Palasari  didampingi Ketua TP PKK Kabpaten  Subang Ibu Hj. Yoyoh Sopiah, disambut penampilan seni dan tari dari paduan suara kolaborasi PGRI Ciater dengan Puskesmas Ciater yang membawakan lagu Subang Jawara, Mars Ciater dan Mars Palasari.

Camat Ciater, Bpk.Cucu Wahyu.Spd.Msi dalam sambutannya menyampaikan, dengan keberadaan gedung baru yang nyaman, luas dan strategis.
“Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan baik oleh para nakes dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Ciater khususnya dan masyarakat Subang pada umumnya.” Ujar Cucu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr.MAXI,SH.MH.KES dalam laporannya menyampaikan, sinergitas antara puskesmas dengan berbagai unsur organisasi yang berada di tingkat Kecamatan seperti PGRI, relawan, Babinsa, Babinkamtibmas telah lama terjalin, terlebih saat pandemi, sinergitas terjalin lebih erat bahkan bisa tiap hari berkolabroasi dalam rangka  melaksanakan upaya upaya penanggulangan covid-19.
“Mudah mudahan sinergitas kedepan dapat terus dilaksanakan.” Ujar dr. Maxi.

dr Maxi menjelaskan Kantor Puskesmas Palasari di lokasi sebelumnya memiliki lokasi dengan topografi yang kurang memadai, sehingga perlu ada pengembangan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat Ciater dan sekitarnya. Dengan menelan biaya tidak kurang dari 4,9 Milyar.

“Tidak hanya bangga, akan tetapi harus ada perubahan mindset, apa maknanya jika ada gedung baru akan tetapi pelayanan kesehatan masih jadul atau menggunakan cara cara lama. Gedung baru harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan yang membuat masyarakat puas, sehat dan tersenyum.” Harap dr. Maxi.
dr. Maxi menyampaikan ada 4 faktor yang mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat, diantaranya pelayanan kesehatan yang bisa memberikan daya ungkit sebesar 20%, genetik 10%, pola perilaku masyarakat 40%, dan kesehatan lingkungan 30%.  Dari faktor tersebut tentunya bagaimana puskesmas dapat berperan meningkatkan pola perilaku masyarakat dan menjaga kesehatan lingkungan masyarakat, perlu sinergitas diantara kita agar dapat terwujud peningkatan pola perilaku masyarakat dan kesehatan lingkungan.

Bupati Subang H.Ruhimat dalam sambutannya menyampaikan, gedung baru puskesmas Ciater merupakan hasil perenungan, hingga akhirnya mengambil langkah-langkah, seperti berkoordinasi dan mengajukan anggaran ke pusat.

“Kalaupun ada anggarannya tetapi tanahnya tidak ada apalah artinya, untuk itu saya menyampaikan terimakasih kepada PPTP 8 yang sudah membantu memberikan pinjam pakai tanah.” Tutur Bupati Subang.

Bupati Subang menggarisbawahi apa yang disampaikan oleh kepala dinas kesehatan kabupaten Subang, tidak cukup dengan bangunan  yang megah tapi yang paling utama adanya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Saya percaya semua tenaga medis atau pelayanan di puskemas dapat memberikan kenyamanan dan mampu memuaskan masyarakat, saya berharap dengan diresmikannya gedung puskesmas yang Baru dapat melayani kebutuhan dasar pelayanan kesehatan masyarakat.” Ujarnya.

Bupati mengatakan  bahwa gedung puskesmas Palasari tidak hanya sebatas melayani Kecamatan Ciater tetapi  tidak menutup kemungkinan Bisa membantu wisatawan yang tengah berkunjung ke wilayah Ciater. Bupati menekankan “lakukan dengan penuh keikhlasan” Bupati berpesan kepada kepala puskesmas untuk menambah tanaman tanaman pelindung di sekitar lingkungan puskesmas, seperti pohon buah ataupun tanaman tanaman obat, sehingga dirinya menginginkan gedung baru bukan hanya sekedar berobat akan tetapi berobat serasa wisata. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Subang H.Ruhiamat  menandatangani prasasti gedung puskemas dan melakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya gedung pelayanan Puskesmas Palasari yang selanjutnya dilakukan peninjauan ke tiap ruangan di gedung Puskesmas Palasari.

AGUS HAMDAN/JMI/RED 
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukungan Semakin Kuat! Program Karna Sobahi Solusi Nyata untuk Kemajuan Majalengka

Majalengka, JMI – Karna Sobahi, calon Bupati Majalengka yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD PUI Majalengka,...