WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Ikuti Arahan Presiden Jokowi Terkait Penanganan Penyebaran Gelombang Ketiga Varian Omicron

Subang JMI - Bupati Subang H. Ruhimat mengikuti arahan Presiden RI Joko Widodo bersama Gubernur, Walikota / Bupati dan Forkopimda seluruh Indonesia secara virtual, Turut hadir dalam kegiatan tersebut kapolres Subang AKBP.Sumarni,S.IK,SH,MH, Dandim 0605 Subang,Letkol (Czi) Irsad wilyarto, Ketua DPRD Subang.H.Narca sukanda, dan kepala Kejari Subang I Wayan sumertayasa, Asisten daerah bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, kasatpoldam serta kepala dinas kesehatan kabupaten Subang,Bertempat di Ruang Segitiga, Rumah Dinas Bupati Subang. Senin 7 Februari 2022.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menyampaikan pandemi belum sepenuhnya berakhir. Meski di tahun 2021 Indonesia bisa melewati gelombang demi gelombang covid-19 dengan variannya, Presiden Jokowi mengapresiasi semua pihak yang telah gotong royong bersama-sama.

Meskipun demikian, Presiden Jokowi menghimbau Virus Covid-19 dengan varian Omicron 4x lebih cepat dibandingkan dengan varian Delta. Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa persebaran varian Omicron telah terjadi di Pulau Jawa dan Bali. Namun tingkat rawat inap terbilang rendah, khususnya untuk Provinsi Jawa Barat, juga penggunaan ICU & hospitalisasi rendah. Presiden Jokowi menegaskan para pemimpin daerah baik gubernur, walikota/bupati, dan Forkopimda harus mempersiapkan ketersediaan Kasur di rumah sakit, oksigen, fasilitas isoter (Isolasi Terpadu), dan perlengkapan penanganan covid lainnya.

“Jangan sampai omicron datang, Rumah Sakit, Oksigen, Obat dan Fasilitas Isoter belum siap.” Tegas Presiden.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mendengarkan paparan dari perwakilan Provinsi dan Kabupaten/kota yang melaporkan kondisi kasus konfirmasi positif covid dan capaian vaksinasi dosis 1&2 dari rentang usia anak – dewasa dan lansia.
Presiden Jokowi menggaris bawahi pentingnya vaksinasi karena dari kasus yang meninggal dunia karena Omicron, 69% di antaranya karena belum vaksin secara lengkap. Presiden Jokowi pun menghimbau prioritas utama perawatan rumah sakit adalah untuk pasien dengan kategori sedang, berat dan kritis.

“Hati-hati, angka BOR RS naik karena yang OTG dan Ringan dirawat di RS dengan biaya mandiri, agar dapat dialihkan ke pusat isoter atau hotel” Tegas Presiden Jokowi. 

Menutup arahannya, Presiden Jokowi menegaskan 2 poin penting terkait Omicron yaitu, Percepatan vaksinasi di seluruh daerah, pihak TNI & Polri membantu kepala daerah di Provinsi, dan Kabupaten-Kota, dan satgas Covid-19 yang ada untuk menegaskan Kembali protokol kesehatan, terutama penggunaaan masker.

Bupati Subang H.Ruhimat seusai rapat virtual tersebut menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Subang, agar menegakkan disiplin protokol Kesehatan dan memberi perhatian khusus untuk puskesmas yang angka vaksinasinya masih rendah.

“Cek stok masker yang ada, bagikan ke masjid dan rumah ibadah, terutama untuk yang Shalat Jumat / ibadah wajib menggunakan masker” Tandas Bupati Subang H.Ruhimat.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Purnawiran Polri Sekabupaten Grobogan Siap Dukung Dan Menangkan Bambang Catur Dalam Kontestasi Pilkada 2024

GROBOGAN, JMI - pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan dr.H,Bambang Pujiyanto M,Kes bersama H,Catur Sugeng Susanto SH,M...