WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Helmy Yahya Dukung Subang Sebagai Sentra Arang Jawa Barat dan Sebagai Produsen Unggulan Arang Dunia

Subang JMI - Bupati Subang H. Ruhimat beserta Helmy Yahya meninjau lokasi pengolahan dan produksi briket arang di kawasan desa Ciawitali kecamatan Serangpanjang, Rabu (26/5/2021)

Dalam kunjungannya H. Ruhimat dan Helmy melihat kesiapan lokasi pembuatan briket arang yang dibuat dari arang hasil pilahan atau yang berasal dari tungku atau pusat produksi arang di beberapa lokasi terdekat.

Bupati Subang H. Ruhimat mengatakan dirinya mendukung penuh upaya para pengrajin arang Subang untuk menjadikan arang Subang sebagai komoditas unggulan di tingkat dunia. Sebagai wujud nyata atas dukungan tersebut Bupati Subang H. Ruhimat telah menyiapkan anggaran tahun ini untuk pembangunan 50 tungku arang di desa-desa yang berada di pangkuan hutan. "Kami bangun tungku-tungku arang karena menjanjikan, sehingga limbah-limbah akar pohon bisa dimanfaatkan penduduk untuk produksi arang" ujarnya. 

lanjut H. Ruhimat dalam ungkapannya mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Subang belum bisa memenuhi berbagai pesanan yang berasal dari negara lain seperti Arab Saudi, Australia, Turki dan Korea serta berharap dengan adanya pembuatan tungku-tungku baru dapat membantu meningkatkan produksi arang tersebut dan bersyukur bahwa kini Kabupaten Subang telah menjadi sentra arang Jawa Barat dan akan terus dikembangkan untuk menjadi sentra arang di Indonesia. Kang Jimat menjelaskan pula bahwa terkait regulasi ekspor arang, Kabupaten Subang saat ini merupakan satu-satunya di Jawa Barat yang memiliki izin tersebut. "Alhamdulillah baru di Subang yang memiliki dan memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ekspor arang di Jawa Barat" tutur H. Ruhimat. 
Sementara itu Helmy Yahya sangat mendukung berbagai upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Subang dalam rangka mendukung pengembangan usaha arang di Kabupaten Subang dan berharap arang Subang menjadi komoditas ekspor yang mendunia. Salah satu upaya dukungan yang dilakukannya saat ini yaitu tetap memberikan bimbingan dan mentoring kepada para pengusaha muda Subang khususnya dalam pengelolaan komoditas arang.

Nampak Hadir dalam kesempatan tersebut mendampingi Bupati subang di antaranya Sekda Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si dan Kadisparpora Subang Drs. Asep Setia Permana M.Si beserta Jajaran.

AGUS HAMDAN/JMI/RED 
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

MOU dengan perusahaan Dubai, PERUMDA Tirta Rangga Subang Suplai Air ke pelabuhan Patimban

SUBANG, JMI– Badan usaha milik Daerah (BUMD ) Perumda Tirta Rangga Subang  (TRS) melaksanakan MoU sengan perusahaan Dubai, Uni ...