WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jajaran BAPENDA Kab.Subang Lakukan Sidak untuk Verifikasi Realisasi PBB Terendah Desa Jatiragas Hilir Kec.Patokbesi Tahun 2020


SUBANG, JMI
-- Jajaran BAPENDA Kabupaten Subang yang di pimpin langsung Bapak H. Ahmad Sobari lakukan sidak untuk verifikasi terkait permasalahan yang mengakibatkan Realisasi PBB Tahun 2020 yang sangat rendah di Desa Jati Ragas Hilir, Kecamatan Patok Besi, Kabupaten Subang Jawa Barat, Kamis (7/ 4/2021). 

Personil TIM BAPENDA Kabupaten Subang yang ditugaskan langsung ke lapangan di antaranya: Kepala Bapenda (H. Ahmad Sobari) di dampingi 3 orang Kabid Bapenda, Para Kasubid, Pelaksana/staf dan 4 orang Tim dari Kejaksaan Subang.

Dalam kunjungan tersebut, jajaran BAPENDA Kabupaten Subang disambut oleh pejabat setempat diantaranya: Camat Patok Besi H. Heri Sopandi s. sos,m. m. pd, Kades Jatiragas Hilir H. Suhaya dan perangkat desa lainnya. 

Kepala Bapenda Kabupaten Subang H. Ahmad Sobari menjelaskan dengan kedatangnya ke Desa Jati Ragas Hilir, Diawali dengan memberikan arahan, dengan maksud dan tujuan agar kegiatan tersebut diketahui akar permasalahannya apa yang sedang terjadi di desa ini, sehingga bisa menyebabkan dan mengakibatkan realisasi pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2020 yang sangat rendah sekali,"Imbuhnya.

Lanjut Ahmad Sobari bahwa, "Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Tim dibagi dalam 4 dusun, yang setiap dusunnya didampingi oleh Kadus dan RW. Setiap tim bertugas untuk melakukan uji petik ke WP langsung, agar diketahui sampai sejauh mana kesadaran masyarakat terhadap kewajibannya atau mengurangi resiko untuk melakukan penyelewengan oleh petugas desa.

Ahmad Sobari menambahkan bahwa timnya bertugas kelapangan hari ini untuk membantu petugas desa, untuk memberikan pemahaman kepada WP agar patuh untuk melaksanakan pajak bumi dan bangunan (PBB) tersebut, guna membantu permasalahan data SPPT, contohnya :

1. Yang sudah berganti kepemilikannya
2. Double unclagh
3. Tidak diketahui alamat subjek atau objek / guntay
4. Wp sulit bayar

"Fakta dilapangan ada banyak WP yg masih bisa ditagih dan selanjutnya dioptimalkan oleh petugas desa,"Jelasnya.

Dengan masih kurang baiknya kinerja petugas desa, sehingga tidak optimalnya dalam pengelolaan PBB tersebut. Disarankan agar kepala desa bisa memberikan semangat lagi kepada petugasnya dilapangan, dan di harapkan agar segera menyelesaikan piutang PBB WP Desa Jatiragas Hilir,"Tegasnya.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jalan Santai Sapa Warga, Pengurus DPW dan DPC PPP Sosialisasikan Calon yang Diusung di Pilkada Serentak 2024

SUBANG JMI - Jajaran DPW PPP Jawa Barat yang pimpin langsung oleh H. Pepep Saepul Hidayat di Dewan Pimpinan Cabang Partai Persat...