WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bersih Makam, Salah Satu Tradisi Para Leluhur Zaman Dulu di Lampung Menggala Tulang Bawang


TULANGBAWANG, JMI
-- Salah satu mertua Jurnalis lampung Robinsah Darsani sp kepala keluarga Bersih Makam di Kecamatan Menggala Aspol Kabupaten Tulangbawang Darsani sp bersama istri dan anak cucung nya menggelar kegiatan gotong-royong membersihkan (ziarah) makam Umum orang Tua dan Tuyut,

Tradisi bersih makam leluhur biasa dilaksanakan pada saat menjelang Bulan Ramadhan, kegiatan kali ini dilaksanakan juga oleh cucung darsani sp .

Menurut Darsani yang kerap disapa Pem atau di singkat aden itu menjelaskan kegiatan gotong-royong membersihkan ziarah makam merupakan salah satu wujud mengenang jasa-jasa almarhum/almarhumah.

Masih katanya, “Semangat gotong-royong membersihkan ziarah makam adalah suatu tradisi budaya orang-orang tua/leluhur terdahulu. Dimana mereka menjelang Bulan Ramadhan melaksanakan kegiatan pembersihan makam.

“Saya harap kepada masyarakat Tulang Bawang kusus nya di kecamatan menggala luangkan waktunya cukup satu (1) jam saja untuk kegiatan ini, lagi pula ini dilakukan sekali dalam satu tahun”, tuturnya.

ROBINSAH/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pasangan No 02 Karna - Koko Komitmen Benahi Alun - Alun Jatiwangi Dan Masjid Al-Hurriyah

MAJALENGKA, JMI - Sebagai wujud kepedulian kepada Masyarakat Majalengka Paslon no urut 02 Karna - Koko berjanji akan membenahi s...