WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Kades dan Sekdes Mesuji Ikuti Bimtek


BANDAR LAMPUNG, JMI
-- Kepala Desa (Kades) dan sekertaris desa (SekDes) se-Mesuji. mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Hukum dan Produk Hukum Desa.berlangsung di Hotel Bukti Randu Bandar Lampung,"Selasa (03/11).

Dengan mengusung "Tema" Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahanan Desa yang Transparan, Akuntabel, Partisipatif dan Demokrasi.

Sebagai Narasumber yakni Roni Abu Hasan, yang ditunjuk sebagai narasumber untuk memapaparkan sudut pandang di balai pemerintahan Desa Provinsi Lampung tentang (APBDes) yang terdiri dari pendapatan desa (Pades), transfer dan pendapatan dan Lain-lain, mengingat dilapangan sering terjadi oknum tersandung masalah hukum dalam hal penarikan atau transfer.

"Didalam pemerintahan desa (Pemdes) yang berkewenangan membagi bagi tugas kinerja itu yakni kepala desanya, sesuai dengan struktur perangkat desa masing-masing ada bagian bawahan, sesuai dengan tupoksinya masing masing,"ujarnya.

"Ia menjelaskan, sebagai contoh kecil, Kaur Kepemerintahan dan Kaur pembangunan itu seharusnya pelaporannya harus sesuai dengan RKPDes kalau tidak sesuai itu yang akan pemicu permasalah maka tahun 2021 ini akan kita perbaiki," Jelasnya.

Terpisah ketua (Abdesi) Yusuf Arrasulli mengatakan dengan diadakannya bimbingan Teknis (BIMTEK) ini biar kita bersama tau, mengerti, dan paham terkait Laporan kegiatan Desa," Ungkapnya.

"Melihat sejauh ini kita lihat di berita berita yang beredar di medsos, kepala desa yang rentan tersandung hukum, nah klo bisa Mesuji tidak ada lagi untuk kedepannya,"pungkasnya.

"Ada sebelas desa yang tidak hadir Bimtek hari ini, dikarenakan tidak masuk anggaran (RAPBDes) kecuali sidang iso mukti dan Desa Sidang Gunung Tiga Bimtek ini dilaksanakan selama 3 hari,"timpalnya.

"Saya berharap semoga kegiatan Bimtek ini dapat bermanfaat untuk kita semua khususnya kepala dan perangkat desa yang ada di Kabupaten Mesuji," Harapnya.

Kegiatan tersebut didampingi tujuh organisasi yang ada di Kabupaten Mesuji.

Dedi Hamid/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Perayaan Puncak, hari jadi ke 392 Kabupaten Tangerang, semakin Gemilang

Tangerang, JMI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar Malam Puncak Perayaan Hari Jadi ke-392 Kabupaten Tangerang d...