WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Kunjungi Desa Bojonegoro, Tinjau Petani Buah Mangga dan Sarana Prasarana Desa


SUBANG, JMI
-- Kunjungi Desa Bojonegoro Bupati subang H.Ruhimat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Hj. Yoyoh Ruhimat, bersilaturahmi dengan warga masyarakat dan petani buah di Desa Bojonegoro Kecamatan Tambakdahan Kabupaten Subang, Selasa (10/11/2020).

Bupati Subang H.Ruhimat yang singgah terlebih dahulu ke Desa Bojonegoro, tampak meninjau sarana dan prasarana pelayanan di desa Bojonegoro dan tampak menanyakan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Selesai kegiatan peninjauan, H.Ruhimat dengan mengendarai sepeda motor membonceng Hj. Yoyoh melakukan peninjauan infrastruktur jalan di kebun mangga bersama jajaran perangkat Desa Bojonegoro. 

H.Ruhimat selepas melakukan peninjauan, berhenti di tempat lokasi kegiatan di tengah tengah kebun mangga. Untuk mengikuti kegiatan panen raya Sekaligus menyerap aspirasi para petani buah mangga serta keluhan- keluhan yang dihadapi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Dalam kesempatan tersebut, H.Ruhimat bersama sama masyarakat memotong buah mangga alpukat, dan memperagakan cara memakan buah mangga seperti makan buah alpukat, yang mana caranya memotong melintang buah mangga, memutar buah, sehingga daging dan biji mangga terpisah, dan selanjutnya menikmati buah mangga dengan sendok.

Dalam sambutannya Bupati subang H.Ruhimat menyampaikan terimakasih, dan bersyukur dapat berkunjung ke salah satu Kebun Mangga terbesar yang ada di Kabupaten Subang dan menginginkan kebun buah mangga ini dapat menjadi salah satu icon brand mangga Subang,"imbuhnya.

Dikatakan H.Ruhimat bahwa kebun mangga yang sangat luas ini dapat menjadi objek wisata perkebunan. Salah satu masyarakat yang hadir dalam kesempatan tersebut meminta perhatian Pemerintah kepada petani Buah.

Pihaknya berharap, dengan datangnya Bupati subang H.Ruhimat mengunjung Desa Bojonegoro mudah- mudahan membawa kesejukan kenyamanan dan perubahan kepada para petani mangga. 

Adapun permasalahan yang disampaikan oleh masyarakat diantaranya infrastruktur jalan ke lokasi kebun mangga, murahnya mangga di kala panen, ketersediaan pupuk dan legalitas lahan kebun mangga.

Dalam hal ini keabsahan tanah, apalagi jaman pak Jokowi ada sertifikat tanah ini. Sebagai perwakilan Masyarakat disini sekarang di kelola oleh karang taruna.

Dalam kesempatan tersebut H.Ruhimat menginginkan tiap per 200 meter ada jalan ke tengah tengah kebun mangga, sehingga petani mangga dapat dengan mudah melakukan panen dan tidak usah memikul buah mangga hingga ke jalan besar.

Di katakan H.Ruhimat jika di lembang ada Stroberi maka di daerah pantura Subang ada Buah mangga, khususnya di tambak dahan harus ada tujuan wisata dengan model seperti itu.

"Dengan adanya jalan tentunya nanti yang belanja mangga bisa langsung ke tengah kebun mangga."jelasnya

H.Ruhimat dalam kesempatan tersebut menginstruksikan kepada Kadispemdes untuk meminta bantuan untuk pemadatan usaha tani, selain itu Kepada kepala Dinas Pertanian, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, untuk dapat menindaklanjuti hasil pertemuan dengan para petani buah.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Pe...