WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Hadiri Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Se Indonesia Secara Virtual oleh Presiden RI


SUBANG, JMI
-- Bupati Subang, H.Ruhimat menghadiri kegiatan penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Se-Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia secara virtual, Bertempat di Aula Pemkab Subang, Senin (9/11/2020).

Kegiatan pemberian sertifikat tersebut dalam rangka memberikan kepastian Hukum atas Hak Tanah kepada masyarakat Indonesia serta sebagai bagian dari Bulan Bhakti Agraria dan Tata Ruang tahun 2020. Sertifikat kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah Tahun Anggaran 2020 dibagikan kepada masyarakat di 31 Provinsi dan 201 Kabupaten/Kota.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyerahkan sebanyak satu juta sertifikat tanah untuk rakyat se-Indonesia secara virtual. 

Presiden Jokowi menyampaikan jika dalam setahun biasanya hanya dapat mengeluarkan kurang lebih 500.000 sertifikat tanah, maka dibutuhkan 160 tahun untuk menyelesaikan 80 juta dan 126 juta bidang tanah yang belum terdaftar di Indonesia. Maka, saat itu Presiden menyampaikan pada Menteri ATR/Kepala BPN untuk bekerja dengan target.

Mengakhiri sambutannya, Presiden Jokowi berpesan kepada masyarakat untuk menjaga sertifikat yang telah diterima. “Karena sertifikat tanah ini sangat penting sebagai bukti yang menjamin kepastian hukum atas tanah yang dimiliki dan juga untuk mencegah sengketa dan konflik pertanahan.

"Maka dari itu, tolong jaga sertifikatnya. Jika sertifikatnya ingin dijadikan agunan ke bank agar mendapat modal usaha, dihitung betul agar bisa mengembalikan pinjamannya,” tutup Presiden.

Secara bersamaan, Bupati subang H.Ruhimat menyerahkan sertifikat di lingkungan Kabupaten Subang yang didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Subang, Joko Susanto, A. Ptnh., M.Si. yang secara simbolis menyerahkan 50 sertifikat dari 15.000 bidang yang telah diselesaikan dan siap untuk dibagikan kepada masyarakat wilayah Kabupaten Subang kepada 50 orang perwakilan penerima dari 2 Desa yakni Desa Cintamekar dan Desa Curugagung.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Truk Pengangkut Tanah Yang Sumbernya Dari Galian C

Tangerang, JMI - Truk pengangkut tanah yang sumbernya dari galian C, akan segera dihentikan. Sesuai dengan tantangan wakil ketu...