WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Hadiri Acara Sisingan Goes To UNESCO


SUBANG, JMI
-- Bupati Subang H. Ruhimat mengikuti acara Sisingaan Goes to UNESCO Bertempat di Halaman Wisma Karya, Subang, Kamis (05/11/2020).

Seni sisingaan merupakan kesenian khas Subang yang telah lama dipelihara dan sering digunakan dalam acara-acara besar seperti hajatan dan khitanan di Kabupaten Subang.

Selain menjadi pertunjukan hiburan bagi masyarakat, seni sisingaan juga memiliki makna sejarah yang kuat dan mengandung nilai-nilai luhur yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut mendorong pentingnya sisingaan untuk diperkenalkan dengan baik kepada para generasi muda dan juga di kancah internasional.

Leni Resnawati salah seorang guru bahasa Inggris di SMP Negeri Ciasem yang juga menjadi salah satu guru berprestasi berjuang membawa sisingaan agar menjadi kesenian yang diakui oleh UNESCO.

Dalam prosesnya Leni turut didukung oleh Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan berkolaborasi dengan Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU).

Leni juga meminta dukungan dari pemerintah Kabupaten Subang dan dinas-dinas terkait agar upaya yang dilakukannya ini dapat berjalan sesuai harapan.

Bupati Subang H.Ruhimat dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan apresiasi atas upaya membawa sisingaan ke kancah internasional melalui setinggi-tingginya dan merasa bangga kepada Ibu Leni dan tim yang terus berusaha mewujudkan itu semua. 

"Pemerintah Kabupaten Subang siap mendukung semaksimal mungkin agar hal tersebut dapat tercapai,"imbuhnya.

H.Ruhimat sedikit bercerita bahwa dahulu di masa kecilnya sisingaan telah menjadi ciri khas kebudayaan masyarakat Subang. Dan kini Kang Jimat memiliki keyakinan kesenian sisingaan dapat dikenal oleh masyarakat internasional.

Dengan segala nilai-nilai sejarah dan budaya yang terkandung dalam kesenian sisingaan, dan berharap sisingaan bisa dikaji agar segera dibuatkan Pergub dan dapat menjadi ekstrakurikuler maupun kurikulum muatan lokal.

Lanjut H.Ruhimat menginginkan seluruh masyarakat Subang yang memiliki prestasi dan berdampak pada kemajuan Subang untuk terus didukung dan diberikan penghargaan setinggi-tingginya,"jelas Bupati Subang.

Hadir dalam kesempatan itu juga Bupati subang H.Ruhimat dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang Tatang Komara diberikan kesempatan untuk menaiki sisingaan sebagai simbolik bahwa pemerintah Kabupaten Subang yang siap mendukung pengembangan seni budaya yang ada, salah satunya sisingaan.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukungan Semakin Kuat! Program Karna Sobahi Solusi Nyata untuk Kemajuan Majalengka

Majalengka, JMI – Karna Sobahi, calon Bupati Majalengka yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD PUI Majalengka,...