WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Alat Insinerator Mini Buatan Desa Bojonegoro di Apresiasi Bupati Subang


SUBANG, JMI
-- Bupati Subang H.Ruhimat Apresiasi Alat Insinerator Mini Buatan Bojonegoro selepas mengikuti kegiatan peninjauan kebun buah mangga dan menyerap aspirasi masyarakat, H.Ruhimat meninjau alat insinerator mini buatan Suryanto yang juga salah satu perangkat desa di Desa Bojonegoro, Selasa (10/11/2020).

H.Ruhimat dalam kesempatan tersebut tampak serius mendapatkan penjelasan dari Suryanto terkait pemanfaatan alat insinerator mini tanpa asap.

Alat tersebut dapat digunakan untuk mengghancurkan sampah. Sampah yang dikelola sendiri biasanya dibakar di tempat sampah terbuka (open pit). Tentunya pembuangan sampah terbuka ini banyak menimbulkan masalah, selain asap juga berbau, banyak binatang, lalat, dll.

Dengan menggunakan alat ini yang berpengerak menggunakan tenaga surya, dan menggunakan olie bekas untuk pembakaran sampahnya, tampak alat tersebut ketika digunakan tidak menimbulkan asap.

Teknik menghilangkan asap ini meniru fenomena yang terjadi di alam, dimana ketika selesai hujan udara akan lebih segar dan asap hilang.

Air sebagai filter akan keruh dengan partikel asap setelah beberapa waktu dilakukan sirkulasi. Air yang mengandung partikel asap ini dapat dimanfaatkan sebagai pestisida organik untuk pohon mangga yang ada di desa Bojonegoro.

Suryanto mengatakan, "Alat ini masih berupa prototype dan dapat dibuat dengan ukuran yang lebih besar, dengan konsep yang kurang lebih sama,"jelas Suryanto.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Subang H.Ruhimat sangat mengapresiasi adanya alat inisinerator mini tanpa Asap dan berharap alat tersebut dapat dimanfaatkan dan dikembangkan, selain dapat dimanfaatkan sebagai pestisida organik untuk tanaman juga dapat mengurangi timbunan sampah,"paparnya.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Pe...