WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pejabat Daerah KalBar, Tokoh Masyarakat, dan 52 Komunitas Penggiat Budaya Dayak Hadiri HUT KPBDKS di Rumah Adat Dayak Kota Singkawang

KALBAR, JMI
-- HUT KPBDKS ( Komunitas Pecinta Budaya Dayak Kota Singkawang ) ke 3 dilaksanakan dirumah Adat Dayak Kota Singkawang, Senin (26/07/2020).

Sekitar 500 undangan yang terdiri dari 52 komunitas Penggiat Budaya Dayak yang tersebar di Kota Singkawang-Pontianak, Kab. Sambas, Bengkayang, Landak dan Mempawah.

Turut hadir dalam acara unsur Forkopimda Kota Singkawang, Ibu Walikota Singkawang, Ketua DAD Kota Singkawang Drs.Stepanus, di dampingi oleh pengurus inti DAD Kota Singkawang, Temenggung Kota Singkawang, Perwakilan dari Binuo Garantuk Sakawong, Tokoh Pemuda Dayak, Kodim 1202 Pasi ops Kapten Taufik, Anggota DPRD Kota Singkawang Anton Triyadi dan Anewan. 

Dalam sambutannya Ketua KPBDS Mateus Gindro Kime mengucapkan terimakasih atas dukungan DAD Kota Singkawang, Pemerintah Kota Singkawang, dan para donatur yang tidak dapat disebutkan satu persatu atas dukungan secara moril sehingga terlaksananya kegiatan HUT KPBDKS dengan baik dan lancar," Jelas Mateus.

Mateus juga berharap agar acara HUT KPBDKS dapat meningkatkan rasa persatuan antar daerah dan melestarikan Budaya Dayak bangsa yang termasuk dalam budaya daerah bangsa Indonesia," jelasnya.

Kegiatan HUT KPBDKS (Komunitas Pecinta Budaya Dayak Kota Singkawang) ke 3 dikemas dengan kegiatan budaya diantaranya budaya Dayak dan Tionghoa juga di dukung team NENEK IBAN GROUP yang di ketuai oleh Suhu Andy Mulyono sehingga acara lebih menarik dimana dapat mengobati kerinduan anak-anak muda dayak akan suasana gawai dayak yang tahun ini tidak dapat dilaksanakan karena covid 19.

Secara berurutan kata sambutan dimulai dari laporan ketua KPBDKS, sambutan Kapalo Binuo Garantuk Sakawong yang diwakili oleh Egidius Herman, M.Si, Sambutan Ketua DAD kota Singkawang dan terakhir Walikota Singkawang.

Kegiatan HUT KPBDKS dimulai dengan acara Ngaremah Adat dengan ritual Nyangahatn sebagai ucapan syukur dan terimakasih kepada Jubata atas berkat dan rahmatnya sehingga KPBDKS dapat mencapai usia ke 3.

Diacara intinya setelah seremonial singkat yang penuh suasana kekeluargaan dan semangat anak muda dayak acara dipuncaki dengan tiup lilin dan pemotongan tumpeng oleh ketua KPBDKS Mateus Gindro Kime didampingi pembina KPBDKS Andreas Aan dan tamu kehormatan.

Suasana haru dan bahagia sontak terasa ketika lagu Selamat Ulang tahun dinyanyikan yg dipimpin oleh ibu Walikota Singkawang. 

Diakhir acara setelah bersantap siang acara dilanjutkan dengan pertunjukan atraksi yang diberi nama "Baliatn Babunga Basi" diantaranya atraksi menginjak bara api dan pecahan beling botol kaca dengan kaki telanjang, dan tandu jarum.

Kegiatan yang berlangsung hingga sore hari tersebut berlangsung dengan aman dan tertib dan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang sesuai dengan peraturan.

Suhu Andy Mulyono/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

MOU dengan perusahaan Dubai, PERUMDA Tirta Rangga Subang Suplai Air ke pelabuhan Patimban

SUBANG, JMI– Badan usaha milik Daerah (BUMD ) Perumda Tirta Rangga Subang  (TRS) melaksanakan MoU sengan perusahaan Dubai, Uni ...