WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Masyarakat Cihuni Punya Bank Sampah

Tampak dalam gambar :  Syrif Hidayat.S.pd.l. (Kaos Merah), Bahrudin (kaos Putih),Hapid Susanto (Kaos Abu2), H.Amsir (Kemeja Hijau), RT Badri, Ilakurnia (Kerudung), Badholi (Kaos Hitam) dan Saprol (Topi Merah)

CIHUNI, TANGERANG, JMI
-- Kp. Desa Cihuni Kecamatan Pagedangan Kab. Tangerang membina masyarakat untuk menumbuhkan cinta kepada lingkungan. Meski penghasilan yang didapat tidak besar, namun warga dibina untuk tetap menjaga lingkungan dengan mengumpulkan sampah di sekitar rumahnya.

Menurut bapak H. Mad Nasir, S. E, selaku kepala Desa Cihuni dengan adanya bank sampah "SEMBOJA" mudah-mudahan bisa membantu program pemerintah, salah satu nya penanganan sampah yang ada di masyarakat, sehingga menjadi Desa yang bersih dan menjadi percontohan desa desa yang lainnya.

Begitu juga tanggapan ketua rw 04 dan ketua Rt 01 setempat yang juga sangat mendukung dengan adanya kegiatan bank sampah di wilayah Desa Cihuni,"  tutur bapak Hapid selaku ketua RW 04.

Ditempat yang sama, H. Amsir selaku tokoh masyarakat Desa Cihuni antusias mendukung sepenuhnya terhadap kegiatan bank sampah karena ini sudah mencakup program nasional untuk membantu menjaga kebersihan lingkungan.

"Kalau melihat pendapatan dari Bank Sampah memang tidak seberapa. Tapi ini kan bukan sekadar tentang uang. Ini tentang kebersihan dan bentuk kecintaan kita pada lingkungan sekitar,” tutur Syarif Hidayat, Aktivis Bank Sampah, Sabtu (6/27/2020).

Saat ini sudah ada 90 lebih warga yang menjadi anggota Program Bank Sampah Semboja Cihuni. Kegiatan ini dilaksanakan setiap seminggu sekali dengan tiap minggu pertama pengumpulan sampah Minggu ke 2 pemilahan sampah sekaligus penjualan sampah yang kemudian hasil penjualan tersebut di transfer ke masing-masing rekening nasabah bank sampah sesuai dengan nominal jumlah penabung.
“Pertemuan warga 2 minggu sekali itu hanya untuk mengumpulkan sampah warga. Selanjutnya kami para pengurus akan langsung berhubungan dengan pengepul dan memilah sampah yang layak dijual,” tambah Syarif.

Harapan kedepan selain Bank Sampah banyak program lain yang akan dilaksanakan di Kp. Cihuni. Program tersebut diantaranya program URBAN PARMING dll, namun kegiatan kegiatan tersebut masih wacana dan masih dalam pertimbangan dan penggodogan departemen permusyawarah Bank Sampah Semboja.

Untuk harapan sementara menurut Pahrudin (Doe nama panggilan sehari hari) selaku Ketua Bank Sampah Semboja Cihuni mengatakan anggota nasabah semakin meningkat sehingga kepedulian lingkungan dapat tercapai dari tiap tiap warga masyarakat cihuni. Begitu juga masyarakat umum lainnya yang menjadi anggota nasabah bank sampah SEMBOJA yaitu wilayah Perumahan Legok Permai dan khusus nya diwilayah Kecamatan Pagedangan.

HAPID S/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

TEAM FUTSAL SMAN DARMARAJA MELAJU KE TINGKAT NASIONAL

SUMEDANG, JMI - Sekolah menengah atas negeri Darmaraja kabupaten Sumedang provinsi Jawa Barat, baru baru ini kembali menorehkan ...