WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Sudah Masuk Zona Level Biru, PSBB Proporsional Berbasis Mikro di 10 Kecamatan dan 13 Desa di Subang di Pepanjang Sampai 26 Juni 2020

SUBANG, JMI
-- Tim juru Bicara Gugus Tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Kabupaten Subang Dr.Maxi dalam konferensi persnya kepada wartawan mengungkapkan,"-Berdasarkan evaluasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Provinsi Jawa Barat hasil Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional,  Kabupaten Subang mengalami penurunan level, dari level kuning menjadi level biru, Bertempat di jln Aria wangsa Goparana Subang, Jum'at,12/6/2020.

Dikatakan Dr.Maxi, "Namun meskipun angka reproduksi virus menurun, akan tetapi karena masih ada penularan, maka PSBB Proporsional berbasis mikro atau desa di Subang akan diperpanjang sampai dengan 26 Juni 2020," imbuhnya.

Lanjut Dr.Maxi,"Jadi berdasarkan evaluasi gugus tugas Covid-19 Subang dan arahan dari Gubernur Jabar akan memperpanjang PSBB Proporsional tersebut di 10 Kecamatan 13 Desa terdapat konfirmasi positif Covid-19," Ungkapnya.

Dijelaskan dr.Maxi, predikat level biru bagi Subang ini tentunya  berdasarkan beberapa faktor penilaian dan pertimbangan. Meskipun dalam sepekan ini terjadinya peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Subang, namun analisa pertama, angka pertumbuhan kasus positif di Subang saat ini tidak melonjak tajam dan kalaupun ada itu tersebar.

Kemudian korban meninggal dunia akibat positif Covid-19 tidak bertambah, sejauh ini hanya tiga orang, dan adanya penurunan drastis dari orang dalam pemantauan (ODP). 

"Semua itu menjadi dasar dan alasan kenapa Subang menjadi level biru. Ini kabar gembira, namun kita juga dalam perpanjangan PSBB dan memulai Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) harus lebih ketat dalam menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 Subang sebagai langkah antisipasinya,"jelasnya.

Adanya penemuan kasus baru kata dr.Maxi, karena Subang menjadi salah satu di daerah di Jawa Barat yang gencar melakukan rapid test massal.

"Sejauh ini dari bulan Maret hingga Juni 2020, kami mencatat telah melakukan rapid test sebanyak 10.453 di berbagai tempat. Baik itu pasar tradisional, perusahaan, dan tenaga medis. Hasilnya dinyatakan 162 reaktif, dan hasil tes swab dinyatakan 58 orang positif covid-19,"jelasnya.

Selanjutnya, kata dia, Pemprov Jabar telah mencanangkan program pekan tes swab di Kabupaten/kota di Jawa Barat, yang akan dimulai hari tanggal 15 Juni saat ini. Hal tersebut guna mendeteksi dini penyebaran virus corona, baik kepada orang tanpa gejala (OTD) dan tracking pada zona yang diwaspadai atau klaster penularan covid-19. 

"Untuk Subang akan dilaksanakan selama 10 hari kedepan dengan slot 1500 orang. Teknisnya 1 hari kami akan melakukan swab di 4 Puskesmas,  masing-masing 40 orang. Jadi kami menjadwalkan itu 160 orang, sehari sehingga kalau 10 hari jadi 1600 melebihi target tapi kami punya persediaan,"terangnya.

Perhari ini, ditambahkan dr.Maxi kasus positif Covid-19 di Subang kembali bertambah satu orang.  "Saat ini kasus positif Covid-19 di Subang jadi 59 orang. Yang bersangkutan warga dari Kecamatan Pusakanagara," Ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Subang, H.Ruhimat juga selaku Ketua TGTPP Covid-19 Subang mengikuti video conpernce Gubernur Jawa Barat di Rumdin Bupati Subang, Jumat (12/6/2020).

Didampingi Wabup Subang, dan Forkopimda Subang. Bupati Subang menyampaikan meski kini Subang level sudah menurun, yakni level biru tetapi pihaknya tidak akan menurunkan kewaspadaan. Ia berjanji akan terus mengupayakan kegiatan rapid test dan tes swab di kantong kantong penyebaran virus Covid-19, salah satunya di pasar tradisional. Dengan menyasar utamanya para pedagang.

"Kemudian dalam rangka adaptasi kehidupan baru (AKB) kita terus berkoordinasi dengan pihak Pemprov dan mengkonsolidasikannya dengan berbagai pihak. Kuncinya adalah warga masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan,"pungkasnya.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

MOU dengan perusahaan Dubai, PERUMDA Tirta Rangga Subang Suplai Air ke pelabuhan Patimban

SUBANG, JMI– Badan usaha milik Daerah (BUMD ) Perumda Tirta Rangga Subang  (TRS) melaksanakan MoU sengan perusahaan Dubai, Uni ...