WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pandemi Covid 19 Sebagai Tantangan Kita Mewujudkan Nilai Pendidikan yang Mampu dan Unggul di Lintas Ruang, Waktu, Generasi dan Budaya

Ilustrasi Pendidikan
Oleh:
Prof. Dr. Ir, Musa Hubeis, MS, Dipl. Ing. DEA.

Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional, sudah saatnya kita belajar dari Covid-19 tentang pentingnya sebuah Visi yang bisa merubah nasib sebuah negara, termasuk merubah nasib kita.

Hal yang dimaksud dapat di ilustrasikan dengan keputusan tentang mau membeli produk yang lebih mahal dengan mutu lebih rendah ? Secara konseptual dan praktis, keputusan tersebut dapat diterjemahkan bahwa dengan terus membeli produk buatan anak bangsa, maka para produsen/perusahaan/unit kegiatan bisa terus berproduksi, melakukan riset dan investasi untuk menciptakan produk yang lebih baik, serta dengan harapan pada suatu saat akan bisa membuat produk yang lebih baik dengan harga murah untuk masyarakat.

Visi seperti itu harus dimiliki oleh para pimpinan diberbagai sektor, bahwa hal tersebut merupakan hutang yang harus dibayar suatu saat dengan menawarkan produk lebih bermutu dengan harga lebih murah.

Gambaran tersebut juga menunjukkan masa depan negara yang didukung oleh gairah, keyakinan dan tekad lebih kuat dalam menghasilkan produk pendidikan yang maju dan unggul dalam kompetisi berbasis literasi, kompetensi dan mutu karakter SDM global, universal dan unik.
Prof. Dr. Ir, Musa Hubeis, MS, Dipl. Ing. DEA.
Untuk itu diperlukan hal sebagai berikut:
- VISI yang jelas.
- TARGET mewujudkan VISI.
- TAHAPAN mewujudkan VISI.
- KESERIUSAN menyebarkan VISI.
- PENGORBANAN mewujudkan VISI.

Semoga kita bisa memahami dan mewujudkan nilai-nilai pendidikan yang tepat, guna dalam berbagai aspek dengan belajar dari transformasi Covid-19 yang mampu merubah dan sekaligus membuat tatanan baru didalam kehidupan poleksosbudmilag antar negara dan invididunya.

Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020..

Penulis adalah:
Guru Besar Ilmu Management Pemerintahan Universitas Satyagama Dan Guru Besar IPB University
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD Subang Tetapkan Dua Raperda Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Penyusunan Produk Hukum

Subang, JMI - Penjabat (Pj.) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd Menghadiri Rapat Paripurna DPRD  yang bertempat di Ruan...