WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jumpa Pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID 19) di Rujab Bupati Luwu

LUWU, JMI
-- Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 yang juga selaku Bupati Luwu H. Basmin Mattayang meminta masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dengan menjaga jarak untuk menghindari penularan virus corona penyebab Covid-19.

"Sebagai manusia biasa, pasti adanya kelemahan dan kekurangan, kita masih kecolongan seperti akhir akhir ini yang terjadi di Kacamatan Bajo desa Rumaju yang melakukan acara kapurung di bawah oleh seorang yang bernama Abu Bakar dari Pare Pare, masuk melakukan sosialisasi dengan keluarganya dan setelah di lakukan test dan ternyata positif," Ujar Basmin saat jumpa Pers di Rujabnya, Senin (18/05/2020).

Lanjut Basmin, "Sekarang ini sudah 16 orang rumpung keluarga di kirim ke Makassar untuk di karangtina wisata, belum juga yang terjadi di beberapa tempat seperti di Desa Balubu Kecamatan Bajo dan Lingkungan Jawaro Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, juga keluarga dari yang Klaster Kapurung itu dari Pare Pare dan dia adalah Pegawai Puskesmas Bajo," Ungkapnya.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh ketua penanganan Covid-19 harian yaitu Bapak Kapolres Luwu AKBP. Fajar Dani Susanto yang mana dalam hal ini menyampaikan bahwa, 

"Dihimbau kepada masyarakat agar lebih banyak melakukan kegiatan di rumah karena ancaman wabah virus corona yang telah menimbulkan banyak korban, di Kabupaten Luwu ini sudah terdapat 20 masyarakat yang positif. Sebenarnya dari awal kita sudah melakukan langkah langkah terkait masalah Covid 19 ini, dengan di adakannya pos pantau di beberapa Kecamatan di Kabupaten Luwu," Ungkap nya.

Lanjutnya menurut Fajar, "Kami sudah maksimal untuk pencegahan bagi pendatang yang bertujuan ke Kabupaten Luwu, hal ini terbukti dengan adanya laporan dari tim gugus yang bertugas di posko pemantau, yaitu memulangkan masyarakat pendatang yang banyak bekerja sebagai buruh panen seperti panen cengkeh dan panen padi dan sebelum di berhentikannya transportasi udara, ada beberapa warga dari luar daerah bahkan luar Provinsi yang akan bekerja sebagai buruh di daerah kita. 
Lanjutnya, kemudian ada beberapa juga akhirnya menggunakan modus modus yang lain, seperti halnya orang yang berusaha untuk mencari celah dengan adanya kesempatan maka mereka berusaha untuk masuk ke wilayah kita, seperti yang terjadi klaster kapurung tersebut.

Sekarang ini kita tidak bisa menebak orang yang terinfeksi covid 19 karena adanya model baru yang mana orang tersebut tidak memiliki gejala, hal ini yang harus kita waspadai seperti yang terjadi di daerah kita baru baru ini.

"Karena itu, ikuti dan taati serta tingkatkan disiplin tentang jaga jarak di mana pun berada," ujarnya. 

Basmin juga menambahkan, "Sesuai dengan adanya fatwa yang di keluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi pandemi Covid 19 saya sudah menandatangani surat edaran ke Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Luwu untuk di edarkan ke desa desa agar meniadakan ibadah sholat idul fitri di masjid akan tetapi di lakukan di rumah masing masing," Tuturnya.

M.ARIS/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

MOU dengan perusahaan Dubai, PERUMDA Tirta Rangga Subang Suplai Air ke pelabuhan Patimban

SUBANG, JMI– Badan usaha milik Daerah (BUMD ) Perumda Tirta Rangga Subang  (TRS) melaksanakan MoU sengan perusahaan Dubai, Uni ...