WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Puncak Hari Jadi Kabupaten Subang Ke-72, Hanya Lakukan Virtual Meeting Live Streaming

SUBANG, JMI -- Puncak Perayaan Hari jadi kabupaten Subang yang ke-72 tahun, yang biasanya dilaksanakan dengan sangat meriah, namun pada hari Minggu 5, April 2020 ,puncak peringatan tersebut hanya dilaksanakan secara sederhana dikarenakan pada waktu yang bersamaan merupakan adanya mewabahnya pandemi Virus Corona (Covid-19). Bertempat di Aula Pemda Subang, Minggu (5/4/2020).

Dalam perayaan tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Subang menyelenggarakan peringatan HUT Kabupaten Subang yang ke-72 hanya melakukan virtual meeting live streaming youtube ,antara Bupati H. Ruhimat, Wakil Bupati Agus Masykur Rosyadi, Sekda H. Aminudin dan unsur Forkopimda di aula pemda dengan para camat beserta para Kepala Desa di kantor Kecamatan masing-masing.

Setelah virtual meeting, Bupati Subang melakukan pidato dalam rangka HUT Kabupaten Subang ke-72 dengan live streaming di youtube Pemkab Subang.

Bupati Subang H. Ruhimat dalam pidatonya menyampaikan bahwa keyakinannya sebagai orang beriman bahwa turunnya wabah Covid-19 bukanlah suatu kebetulan. Oleh karena itu kita berkomitmen melaksanakan Instruksi  Presiden Nomor 1 Tahun 2020, yang diikuti dengan Peratuan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 6 Tahun 2020, dan terakhir Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Covid-19. 

"Kita membatalkan beberapa agenda yang telah dipersiapkan untuk menyambut Hari Jadi tahun ini, dan merealokasi anggaran untuk penanganan COVID-19," ujar Ruhimat.

Dikatakan Ruhimat, Kaitannya dengan kewaspadaan Covid-19 Pemda Kabupaten Subang telah menyiapkan protokol kesehatan dan kedaruratan. Kita sudah melakukan realokasi anggaran untuk kuratif sekitar 53 M dan penanggulangan darurat pangan 60 M untuk tiga bulan ke depan, yang akan kita evaluasi sesuai dengan perkembangan.

Kemudian dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh tenaga medis dan pihak-pihak di Kabupaten Subang, yang dengan sigap mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah dan menangani ancaman wabah virus corona.

Bupati Subang mengajak seluruh jajaran melaksanakan protokol kesehatan sungguh-sungguh, termasuk penyediaan fasilitas dan alat pelindung diri (APD) yang diperlukan. 

"Selain itu, saya pun mengingatkan kita semua untuk bersama-sama membangun imunitas sosial dalam menghadapi wabah ini, dengan cara meningkatkan kewaspadaan, namun tidak panik secara berlebihan," tuturnya.

Selanjutnya Ruhimat mengajak supaya bersama-sama mengambil langkah nyata melakukan kampanye kesehatan, khususnya penyebaran informasi tentang bagaimana wabah bisa menular melalui droplet (percikan yang keluar saat orang yang positif terinfeksi virus corona batuk, atau berbicara), dan tindakan pencegahan yang diperlukan. "Termasuk dalam menjaga jarak fisik saat berinteraksi, menjauhi kerumuman, termasuk hajatan yang menghadirkan banyak orang," imbuhnya.

Maraknya pemudik dari Zona Merah, Bupati Subang meminta kepada para camat dan jajaran pemerintahan di tingkat desa dan kampung-kampung untuk mengantisipasinya. 

"Kita tidak bermaksud mencurigai atau menuduh, namun kewaspadaan harus kita tingkatkan, sebab banyak orang terinfeksi namun tidak merasakan gejala atau orang tanpa gejala alias OTG," katanya lagi.
Dikatakan Ruhimat ,orang semacam ini akan merasa sehat, dan bebas berinteraksi dengan siapa pun. Jika sudah ada yang tertular, akan merepotkan banyak pihak. Semua yang melakukan kontak dengan mereka yang terinfeksi harus kita lacak dan isolasi. "Karena itu, lebih baik kita melakukan tindakan pencegahan," imbuhnya.

Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi langkah-langkah pencegahan dengan cermat dan efektif. Supaya meningkatnya kesadaran dan kewaspadaan masyarakat tanpa disertai kepanikan berlebih. Seiring dengan itu, kita siapkan pula fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang dibutuhkan sesuai protokol yang kita susun.

Merebaknya wabah ini bisa menjadi media instrospeksi, untuk bermunajat, dan momentum untuk mempererat silaturahim, kekeluargaan, dan  kegotongroyongan dalam tugas-tugas pemerintahan "Kita yakin, 'bersama kesulitan ini ada kemudahan' (Fainna ma'al usri yusro,;" seraya mengutip Qur'an Alam Nasyroh, ayat 5.

Kemudian dia menyampaikan terima kasih kepada semua aparatur yang telah bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas. Mebngajak untuk membuka komunikasi yang jujur dan penuh tanggung jawab, untuk membangun saling pengertian dan kebersamaan, dalam meningkatkan kinerja dan kontribusi maksimal bagi pencapaian visi-misi Pemerintah Kabupaten Subang.

Kemudian dia mengingatkan kepada semua aparatur akan target-target pembangunan diantaranya ialah pembangunan infrastruktur dan peningkatan pelayanan dasar, yaitu pendidikan, kesehatan, jaminan sosial sebagai program strategis.

"Kita tidak ingin ada daerah masih terisolasi. Kita pun tidak ingin ada warga yang sakit tidak bisa mengakses fasilitas dan layanan kesehatan. Dan, harus kita pastikan tidak ada warga Subang yang kelaparan. Inilah tantangan mendesak yang kita hadapi bersama," katanya.

Pada peringatan HUT Kabupaten Subang ke-72, Pemerintah daerah Kabupaten Subang telah menyiapkan santunan bagi 12.650 anak yatim yang akan diserahkan serentak pada hari ini di 253 desa/kelurahan melalui camat di 30 Kecamatan. Pada kesempatan tersebut, Bupati Subang dan Wakil Bupati Subang secara simbolis menyerahkan santunan kepada 2 anak yatim.

Sebelumnya juga Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Subang pada pagi hari pukul 08.00 WIB melaksanakan ziarah kemakam pahlawan dengan melaskanakan penaburan bunga dipusaran para makam pahlawan yang sudah berjuang untuk Indonesia dan kabupaten Subang.

Acara kegiatan Hari jadi kabupaten Subang yang ke- 72,sebelumnya di lakukan sapa Ramah kepada para camat Beserta jajaran muspika, acara Berlangsung terbatas dengan di hadiri Beberapa jajaran Forkopimda kabupaten Subang.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Pe...