WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Menteri Perdagangan Kunjungi Pasar Jaya Kramatjati

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto
JAKARTA, JMI -- Memasuki bulan puasa Ramadan di masa sulit pandemi COVID-19, perkembangan harga barang kebutuhan pokok masyarakat menunjukkan perkembangan menggembirakan. 

Harga-harga komoditas pangan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah (stay at home) terpantau stabil rendah. Stabilitas harga ini membuat masyarakat dapat lebih tenang menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengecek secara langsung harga-harga komoditas pangan di Pasar Kramat Jati Jakarta, Rabu (29/04/2020).

Pemantauan ke pasar strategis di Jakarta ini untuk mengetahui secara langsung dari pedagang pasar tentang perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat selama pandemi COVID-19. Kunjungan ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Harga-harga komoditas barang kebutuhan pokok sebagian besar menunjukkan stabilitas yang baik. Ini tentu menggembirakan masyarakat. Stok di pasar-pasar cukup terpenuhi dan aman sehingga masyarakat bisa tenang menjalankan puasa Ramadan,” kata Mendag Agus Suparmanto saat peninjauan di Pasar Kramat Jati pagi tadi.

Dalam kesempatan tersebut, Mendag Agus juga menyempatkan berbincang dengan sejumlah pedagang kelontong untuk mengetahui harga gula. Selain itu juga berdiskusi dengan pedagang daging ayam, daging sapi, telur dan sayuran, seperti bawang putih dan bawang merah.

Di Pasar Kramat Jati, harga kebutuhan barang pokok terpantau stabil rendah. Harga beras medium Rp9.600/kg, beras premium Rp 12.000/kg, gula pasir merk Matahari Merah Rp 12.500/kg dan gula pasir (Non-Penugasan) Rp 18.000/kg. Harga tepung terigu Rp 10.000/kg, tepung terigu curah Rp 7.000/kg, minyak goreng curah Rp 10.500/lt, minyak goreng kemasan Rp13.000/lt, daging sapi paha belakang Rp 120.000/kg, daging ayam ras Rp 35.000/kg, telur ayam ras Rp 23.000/kg, cabe merah keriting Rp 32.000/kg, cabe rawit merah Rp 40.000/kg, cabe merah besar Rp 40.000 kg, bawang merah Rp 60.000/kg, bawang putih kating Rp 40.000/kg, bawang putih Honan Rp 35.000/kg, dan bawang bombay Rp 30.000 - 40.000/kg.

Dalam peninjauan di Pasar Kramat Jati ini, Mendag didampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Suhanto, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono serta Kepala Biro Humas Olvy Andrianita.

Faisal 6444/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD Subang Tetapkan Dua Raperda Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Penyusunan Produk Hukum

Subang, JMI - Penjabat (Pj.) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd Menghadiri Rapat Paripurna DPRD  yang bertempat di Ruan...