WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jajaran Polres Subang Donorkan Darah di PMI Kab.Subang, 75 Labu Kantong Darah Terkumpul

SUBANG, JMI -- Jajaran anggota Polres Subang sekitar 112 anggota Polres Subang yang dipimpin langsung Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani didampingi istri Ny. Farah, melaksanakan kegiatan Donor Darah secara serentak di Unit Transfusi Darah yang Bertempat di (UTD) PMI Kabupaten Subang Jalan KS Tubun, Selasa (14/4/2020).

“Alhamdulillah sehat dan siap diambil darah,” ujar Kapolres Teddy kepada Ketua PMI Subang, H Komir Bastaman didampingi Wakilnya, dr. H. Mugia serta Kepala UTD dr. H. Ahmad.

Kabag Sumda Polres Subang, Kompol Sukmawijaya, menyebut, kegiatan donor darah ini merupakan kepedulian terhadap sesama terutama melawan Covid-19.

“Hari ini merupakan yang pertama dan besok dilanjutkan kembali untuk jajaran Polsek,“ ujarnya.

Paur Dokkes Polres Subang, Ipda Irfan mencatat hingga siang menjelang dzuhur sudah mendaftar 112 anggota yang akan mendonorkan darahnya, tetapi yang berhasil diambil darahnya 75 labu, karena berbagai alasan, terutama Hb darah yang tinggi di samping tensi tinggi dan ada yang sedang pengobatan.

“Dalam pelaksanaannya tetap mengedepankan protokol pencegahan virus corona. Ruangan dan lingkungan sebelum pelaksanaan dilakukan penyemprotan dan menjaga jarak antara satu dan lainnya, begitu juga saat melakukan donor sehingga disiapkan 2 ruangan serta memakai masker,“ jelasnya.

Kapolres Subang, AKBP Teddy Fanani usai melakukan donor darah mengatakan, Dalam kegiatan donor darah ini sebagai bentuk kepedulian dalam memenuhi ketersediaan stok darah di RSU Subang dan rumah sakit serta klinik yang selalu kekurangn stok, terlebih di tengah wabah Covid-19. Sebab keadaan seperti sekarang ini, warga akan membatasi aktivitas keluar rumah.

“Semoga dengan apa yang kita sumbangkan menjadi ladang amal ibadah dan menambah stok darah. Termasuk bagi kita yang mendonorkan akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan dan bisa mengetahui minimal beberapa penyakit seperti HIV/AIDS, IMS dan Hepatitis,“ ungkapnya.

Ketua PMI Subang, H Komir Bastaman berterimakasih karena Polres sudah mengerahkan anggotanya ke Markas PMI hingga Rabu besok.

“Memang persediaan darah di UTD selalu tidak mencukupi dan kemarin saja dari karyawan Dinas Lingkungan Hidup sebanyak 26 labu langsung terpakai,“ imbuhnya.
PMI Subang Dapat Bantuan Mobil Operasional Penyemprotan Disinfektan

Pada kesempatan itu, Kapolres Subang didampingi Kasatlantas, AKP H Bambang Sumitro melihat kendaraan operasional PMI Subang untuk penyemprotan disinfektan yang dilengkapi dengan tempat cuci tangan disamping kiri dan kanannya.

“Nah ini cukup kreatif jadi kendaraan serbaguna bahkan harus dilengkapi dengan pengeras suara sehingga bisa untuk sosialisasi di pelosok atau pasar. Pentingnya mencuci tangan dan lainnya,” ungkap Kapolres.

Wakil Ketua Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat PMI Subang, dr. H Mugia Nugraha menyebutkan, kalau kendaraan Daihatsu Grand Max Pick Up tersebut merupakan bantuan dari PMI Pusat untuk melawan penyebaran Covid-19.

“Kita sudah lebih dari 100 titik penyemprotan, termasuk kemarin di RSUD dan lingkungan seputar tempat isolasi positif corona, “ katanya.

Ketua PMI Subang H Komir Bastaman, mengucapkan terimakasihnya kepada PMI Pusat dalam hal ini Ketua Umum HM Yusuf Kalla dan kepala Markasnya, Marsda TNI Purn. Sunarbowo Sandi yang telah memberikan kendaraan untuk operasional spraying. Sebab tidak semua Kabupaten Kota di Jawa Barat mendapatkannya.

“Berharap bantuan dari Pemkab.Subang segera untuk operasional kendaraan tersebut," pungkas nya.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Pe...