WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Koordinasi Lintas Sektoral Terkait Kesiapsigaan & Kewaspadaan, Pencegahan, Penaganan Novel COVID 19 di Kab.Subang

SUBANG, JMI -- Kegiatan koordinasi lintas sektor tentang Kesiapasiagaan kewaspadaan, pencegahan dan penanganan novel corona virus (Covid -19) Di buka langsung secara Resmi oleh Bupati Subang H.Ruhimat di Aula pemda Kabupaten Subang, Kamis 5 Maret 2020.

Dalam Kegiatan tersebut di hadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Subang, Camat Se Kabupaten Subang, para Kepala Puskesmas beserta staff Se Kabupaten Subang, Perwakilan Kepala OPD se Kabupaten Subang.

Bupati Subang dalam sambutannya menyampaikan sejak merebaknya di Kota Wuhan China tanggal 31 Desember 2019 telah meresahkan dan WHO menetapkan sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Merasakan Dunia (KKMMD), yang berarti masalah kesehatan masyarakat global dan memerlukan kerjasama internasional yang terkoordinir. 

Sampai saat ini 79 negara telah melaporkan penyakit ini, dengan angka kesakitan yang sangat tinggi walaupun angka kematian yang tidak terlalu tinggi tetapi telah menimbulkan keresahan dan kepanikan masyarakat di seluruh dunia.

Selanjutnya dikatakan Ruhimat bahwa di tengah ketidakpercayaan dunia akan kemampuan Indonesia mendeteksi penyakit Covid-19 atau Corona Virus Disease 201 menyusul tanggal 3 Maret 2020 dilaporkan oleh bapak presiden Jokowi ada dua warga Depok yang di konfirmasi positif Covid-19 dan dirawat di RSPI Sulianti Suroso.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kabupaten Subang telah menyiapkan diri, diantaranya menyiapkan RSUD Subang sebagai rujukan di Jawa Barat, kemudian menggalang kerjasama lintas program dan lintas sektor yang dipimpin oleh Dinas Kesehatan serta selanjutnya mengajak masyarakat untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dengan melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat GERMAS.

Ruhimat berharap semuanya dapat bekerja bergotong-royong dengan semangat Subang Jawara agar Covid-19 bisa dikendalikan di Kabupaten Subang. Kang Jimat menghimbau masyarakat supaya tetap tenang dan jangan panik tetapi tetap waspada mengikuti perkembangan penyakit ini melalui Sumber berita yang benar.

Ruhimat mengingatkan agar kita bersama-sama berdoa agar terhindar dari wabah penyakit termasuk Covid-19 ini. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala melindungi kita semua dari keburukan berbagai penyakit.

Dr. Nunung, selaku Kepala Dinas Kesehatan Subang menyampaikan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sebagai pembina sedangkan anggota teknisnya ada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Misalnya kata dr. Nunung Disnakertrans mengawasi keluar-masuk Tenaga Kerja Asing (TKA) dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) serta kecamatan yang mengawasi di wilayahnya. Pihaknya akan membentuk Crisis Centre dengan membuka hot-line supaya informasi dapat disampaikan satu pintu agar informasi agar mudah dikontrol dan tidak menimbulkan kepanikan.

Lanjutnya Dr. Nunung menyampaikan, pihaknya juga akan melibatkan media supaya menyampaikan informasi tentang Covid-19 dengan benar. Mengenai kesiapan Subang dalam merespon Covid-19, pihaknya telah siap dengan mempersiapkan RSUD sebagai rumah sakit rujukan Covid-19.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Kapolres Subang Pimpin Pelaksanaan Apel Pra Tugas Pengamanan Pertandingan Sepak Bola Liga 2 Nasional di Stadion Persikas antara Persikas Subang Vs Persekat Tegal Fc

Subang, JMI - Kepolisian negara Republik Indonesia Resor (Polres) Subang menggelar Apel Pratugas pengamanan kegiatan Pengamanan ...