WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Upacara Bulanan Sekaligus memperingati Hari Kesadaran Nasional Setiap Bulan Tanggal 17

WAY KANAN, JMI -- Hari Senin 17 Februari 2020, tepat 4 tahun masa jabatan Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, SH, MM dan Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, MM.

Dalam 4 tahun ini, telah dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, hal ini terlihat dari terus membaiknya Indeks Pembangunan Manusia dimana pada tahun 2015 masih berada pada angka 65,18 meningkat menjadi 66,63 pada tahun 2018, dan angka kemiskinan pada tahun 2015 sebesar 14,61% menurun menjadi 13,07% pada tahun 2019.

Berbagai upaya bersama dengan seluruh pemangku kepentingan selama 4 tahun ini perlahan-lahan mulai menunjukkan hasilnya:

• Tata Kelola Pemerintahan

1. WTP 9 kali berturut-turut.

2. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik saat ini dalam level cukup, dengan terus mengupayakan integrasi sistem informasi.

3. Penataan Kelembagaan, pelaksanaan test narkoba, assessment, lelang jabatan, fingerprint online, kontrak kinerja.

4. Pelayanan perizinan terpadu satu pintu, layanan KTP keliling dengan cakupan penerbitan KTP mencapai 98,12%

5. Pelaksanaan pemilihan kepala kampung tahun 2016 dan 2018 pada 140 kampung

6. Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Tahun 2017 berada pada Peringkat 120 dari 396 Kabupaten Se-Indonesia dengan Status Tinggi (Keputusan Mendagri No.100-53 Tahun 2018.

7. APIP level 3.

• Infrastruktur

1. Penangganan jalan sepanjang 1.071,69 km termasuk jalan strategis 666 km.

2. Untuk menunjang peningkatan produksi padi telah dibangun 22 DI (daerah irigasi), peningkatan 48 DI, rehabilitasi 20 DI, dan pembangunan 40 bendung.

3. Pembangunan air irigasi tanah di 127 lokasi.

4. Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di 70 kampung.

5. Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di 9 kampung.

6. Sanitasi lingkungan berbasis masyarakat (SLBM) di 17 kampung.

7. Bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) sebanyak 1.177 unit.

8. Setelah berupaya + 13 tahun Bandar Udara Gatot Subroto diresmikan Menteri Perhubungan pada tanggal 6 April 2019, dan saat ini terus dilakukan upaya penjajakan kerjasama dengan maskapai penerbangan.

• Sumber Daya Manusia

1. Kualitas pelayanan pendidikan terus dilakukan dengan melakukan pembangunan gedung PAUD 6 unit, rehabilitasi ruang kelas 8 unit, untuk SD dilakukan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) 70 unit, rehabilitasi ruang kelas sebanyak 506 unit, untuk SMP dilakukan pembangunan RKB 17 unit, rehabilitasi ruang kelas sebanyak 186 unit.

2. Kualitas pelayanan puskesmas terus ditingkatkan yang tercermin dari 6 puskesmas dengan akreditasi utama, 11 puskesmas kategori akreditasi madya, 2 puskesmas masih akreditasi dasar, dan 1 puskemas dalam proses akreditasi.

3. RSUD terus juga meningkatkan kualitas layanannya dengan merevitalisasi RSUD ZAPA, penambahan dokter spesialis yang saat ini sudah berjumlah 13 orang, penambahan peralatan medis, penambahan ambulance sebanyak 4 unit, menyediakan unit layanan hemodialisa, dan layanan eye center.

4. Dalam rangka kesejahteraan sosial telah dilakukan berbagai upaya yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) terdapat 23.640 keluarga penerima manfaat (KPM), 179 penerima bantuan kelompok usaha bersama (KUBE), bantuan pangan non tunai 34.792 KPM, bantuan rehab pada 275 rumah tidak layak huni (RTLH), bantuan rehab rumah rakyat (R3) bagi 40 rumah tangga sasaran.

5. Kabupaten Way Kanan saat ini sudah menjadi Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama.

6. Kabupaten Way Kanan telah melaksanakan Open Defecation Free (ODF) dan meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan Tahun 2019.

7. Peringkat Tertinggi Kabupaten Sehat Se-Indonesia “Swasti Saba Padapa”.

8. Penghargaan Terbaik I Lampung Sejahtera sebagai Kabupaten dengan Kinerja Terbaik dalam Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Di Propinsi Lampung Tahun 2018 (26 Maret 2019).

9. Kampung Pakuon Baru Kecamatan Pakuon Ratu, pada rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional XXV Tahun 2018 di Sulawesi Utara, berhasil meraih predikat Pakarti Madya III Pada Lomba Kesrak PKK KB Kesehatan Tingkat Nasional.


• Disektor Revitalisasi Pertanian

1. Sesuai dengan Keputusan Bupati Way Kanan No:B.140/V.01-WK/HK/2018 maka telah ditetapkan kopi robusta menjadi komoditas unggulan Kabupaten Way Kanan, dan saat ini revitalisasi tanaman kopi terus lakukan dan terus didorong petani melakukan petik merah sehingga mampu menghasilkan kopi yang berkualitas baik. Pengembangan kopi robusta dari hulu ke hilir terus menjadi perhatian pemerintah daerah dengan bekerjasama dengan Bank Indonesia dan SCOPI. Untuk mendukung pengembangan ini di keluarkan Surat Edaran Bupati No.800/1025/IV.05-WK/2019 tentang Gerakan Tiada Hari Tanpa Minum Kopi di Kabupaten Way Kanan.

2. Lada juga tetap menjadi perhatian pemerintah daerah dalam pengembangannya karena komoditas ini merupakan salah satu icon Provinsi Lampung.

3. Pengelolaan UPJA (Usaha Pelayanan Jasa Alsintan) Kampung Serdang Kuring Kecamatan Bahuga meraih peringkat 5 (lima) nasional, yang disampaikan pada puncak Acara Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 38.

4. Penghargaan TPID Pendatang Baru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2016 dari Bank Indonesia.

5. Juara Umum PEDA KTNA (Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan) tingkat Provinsi Lampung.

• Pengembangan Koperasi dan UKM

1. Penghargaan Berupa Tanda Jasa dan Kehormatan Bakti Koperasi Tahun 2018 Dari Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah RI. (11/7/2018).

2. Penghargaan yang diterima Koperasi Unit Desa (KUD) Catur Tunggal sebagai Koperasi Terbaik Tahun 2018 dengan Kategori Koperasi Produsen.

3. Kampung Wisata Gedong Batin berhasil mendapatkan juara dua Kampung Adat terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata RI pada tanggal 22 November tahun 2018.

• Lingkungan

Penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Saya sampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Ketua dan Anggota DPRD, seluruh aparatur pemerintah dan masyarakat Way Kanan, yang telah membantu saya dalam melaksanakan pembangunan sesuai dengan visi dan misi yang telah kita tetapkan. Untuk itu, mari kita pertahankan dan terus ditingkatkan semua prestasi yang ada dengan didasari meningkatnya kinerja dan semangat pengabdian sesuai dengan bidang dan tugas kita masing-masing,” ucap Bupati Way Kanan.

“Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Selamat bekerja kepada seluruh ASN/TNI dan Polri. Semoga Allah SWT selalu meridhoi segala usaha dan niat baik kita bersama. Amin Ya Robbal ‘Alamin,” tutupnya.


MAULIDI/SUE/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Pe...