WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kemitraan Kelompok Tani Marga Jaya Baru Register 45 Mesuji, Semakin Berkembang

MESUJI, JMI -- Kelompok tani Hutan (KTH) Marga jaya Baru Register Sungai Buaya Mesuji Lampung Menjalin dengan PT. Silva Indotani Lampung, Kemitraan MOU berdiri pada tahun 2016 berpedoman pada Permenhut P. 83 MENLHK/SETJEN/KUM.I/10/2016.

Kemitraan kelompok tani register 45 ini, dibentuk ditahun 2015 dan ditetapkan ditahun 2016 lalu. Awalnya kemitraan ini pegang kelompok tani Marga jaya dipimpin oleh Baidi alias trubus Cs namun jalan ditempat, (tidak ada perubahan).

Akhirnya Sopan dan kawan-kawan memisahkan diri dari kelompok Marga Jaya Lama, Membentuk Kelompok tani (Kemitraan) Marga Jaya Baru, "alhamdulillah dipegang kelompok Marga Jaya Baru berkembang, saat disinggung siapa ketuanya? Ya Kebetulan saya sendiri, selow tapi pasti, berjalan dengan sendirinya," ungkap Sopan, saat ditemui awak media, JURNAL MEDIA Indonesia, diposko kediamannya, Kamis 27/02/20.

"Masih kata Sopan, kelompok tani Marga Jaya Baru awal berdiri hanya tujuh (7) anggota dan mempunyai lahan garapan hanya seluas 7 Ha, "Garapan alhamdulillah 2019 kemarin panen perdana membuahkan hasil per hektar 5 juta sampai 6 juta, itu sudah bersih. Dari bajak, bibit, penanaman, pupuk sampai ke panen itu dibiayai dari perusahaan Silva Indotani Lampung yang bekerja sama dengan pemerintah, "enak toh" masyarakat yang ikut bermitra terima bersih," jelasnya.

"Alhamdulillah per Januari 2020 hingga saat ini yang sudah bergabung di kemitraan 78 anggota mitra, luas lebih kurang 232 Ha. Target kedepan 2.500 ha baru didirikan pabrik, kedepan dari pihak perusahaan diproritaskan penaman tebu (gula).


DEDI/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Koramil 0508/Purwadadi Bersama masyarakat Gelar Karya Bakti Bersihkan Eceng Gondok yang menutupi sebagian Situ Kalijambe

Subang, JMI  – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-79, Koramil 0508/Purwa...