WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Wajah Baru Astra Tol Cikopo Palimanan Tingkatkan Kualitas Layanan di Liburan SANTUI


SUBANG, JMI -- Menghadapi libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2019 PT Lintas Marga Sedaya selaku pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan yang kini memilki brand name ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Infra tol Cipali) siap memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jalan. Baik peningkatan pelayanan operasional, infrastruktur maupun pendukung transaksi, maupun kondisi jalan hingga pelayanan keamanan 24 jam.

“Kondisi jalur dan marka jalan Ruas Tol Cikopo-Palimanan semuanya dalam kondisi baik. Dapat kami pastikan semua jalur tetap bisa dilalui dengan lancar, aman dan nyaman,” ujar Agung Prasetyo Direktur Operasi PT Lintas Marga Sedaya.

Agung juga menambahkan jika pada libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru) ini arus lalu lintas diprediksi mengalami peningkatan, namun tidak begitu signifikan jika dibandingkan lonjakan kendaraan pada libur Lebaran. Adapun lalu lintas harian rata-rata di Tol CikopoPalimanan Merak pada libur kali ini diprediksi mencapai 85 ribuan kendaraan per hari atau naik 9.6% dibanding libur Natal dan Tahun Baru pada tahun sebelumnya. Puncak arus lalu lintas libur Natal akan terjadi pada 21 Desember 2019. Sedangkan puncak arus balik diprediksi pada tanggal 1 Januari 2019.

Kelancaran saat liburan ini juga di dukung Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan yang mengeluarkan peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Tentang Pengaturan Lalu Lintas dan Pembatasan Pengoperasian Mobil Barang pada Masa Angkutan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020. Pembatasan operasional bagi kendaraan barang ini berlaku pada periode Natal 2019, mulai tanggal 20-21 Desember 2019, dilanjutkan pada tanggal 25 Desember 2019 serta periode Libur Tahun Baru 2020, mulai 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Meski demikian, ASTRA Infra tol Cipali juga tetap mengantisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan dengan menyiapkan manajemen lalu lintas. “Manajemen lalu lintas tersebut bersifat situasional, karena lonjakan arus kendaraan pada libur panjang kali ini diprediksi tidak terlalu signifikan, lanjut Agung.

Tahun ini ASTRA Infra Tol Cipali yang merupakan salah satu bagian dari ASTRA Infra turut mendukung dalam mengkampanyekan liburan Nataru yang SANTUI, suatu pengalaman liburan berkendara dengan selamat, aman, nyaman, tertib, update dan informatif. Di aspek keselamatan, berbagai fasilitas pendukung jalan tol seperti guardrail, wire rope, rumble dot, rumble strip, rambu dan marka jalan telah terpasang dengan baik.

Pada aspek keamanan berkendara, kesiapan petugas layanan dengan 10 unit mobil patroli, 12 unit mobil derek, 2 unit Rescue, 5 unit ambulance dan 9 unit PJR yang didukung monitoring berbasis kamera surveillance dan CCTV di berbagai sudut jalan tol. Untuk memastikan kenyamanan berkendara, telah disiapkan kondisi jalan yang bebas hambatan, tersedianya tempat istirahat di Tipe A ada di KM 102 dan KM 166 di lajur ke arah Cirebon, serta KM 101 dan KM 165 ke arah Jakarta. Untuk Tipe B ada di KM86 dan KM130 baik itu di lajur ke arah Cirebon maupun Jakarta. Rest area tipe A dan B dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti toilet ramah difabel. masjid, pompa bensin, pengisian ulang saldo uang elektronik, atau berbagai tawaran kuliner yang bersih dan sehat.

Koordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya juga telah dilakukan untuk memastikan ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas. Berbagai rekayasa lalu lintas disiapkan guna mengantisipasi kondisi khusus di lapangan. Optimalisasi gardu transaksi melalui penambahan 12 gardu menjadi 22 gardu beroperasi optimal di GT Palimanan dan penambahan 15 Mobile Reader di GT Palimanan dan masing-masing 1 mobile reader di gerbang sayap (Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati dan Sumberjaya) untuk meningkatkan kelancaran layanan transaksi di setiap gerbang. Bagi pengguna jalan tol yang ingin memperoleh update informasi terkini di jalan tol, tersedia berbagai informasi tabf memungkinkan di peroleh melalui social media (website, twitter, Instagram) maupun peralatan VMS (Variable Message Sign) yang terpasang 1 di gerbang sayap di lajur A dan 1 di lajur B. Petugas sentra komunikasi akan siaga dan informatif melayani pengguna jalan tol selama 24jam dapat dihubungi di no telpon 0260 7600 600.

Diharapkan dengan kesiapan ASTRA Infra Tol Cikopo-Palimanan menghadapi libur panjang ini dapat memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Wajah Baru PT Lintas Marga Sedaya

Dengan selesainya proses akuisisi saham PT Lintas Marga Sedaya (LMS), pada Kamis, 28 November 2019 maka saat ini saham LMS seluruhnya dimiliki oleh ASTRA Infra 55% dan Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) 45. Dengan terus memperkuat investasi di tol, ASTRA Infra berharap dapat meningkatkan kontribusi dalam tata kelola berbagai keunggulan operasional jalan tol di Indonesia yang lebih baik.

Seiring dengan dengan perubahan kepemilikan saham LMS maka dilakukan perubahan logo tol Cikopo Palimanan menjadi ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Infra Tol Cipali). Logo baru LMS saat ini memiliki makna filosofi sebagai berikut :

1. Menunjukkan kesatuan dengan induk perusahaan dan diversifikasi portfolio bisani ASTRA Infra di bisnis tol.

2. Logogram tetap membawa brand soul “ Advancing the Nation’s Infrastructure”

3. Warna gradasi oranye merupakan lambing safety dan semangat untuk mencapai visi ASTRA Infra Toll Road, serta menggambarkan kehangatan dalam melayani untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya LMS Firdaus Azis mengatakan “Diharapkan dengan kepemilikan mayoritas saham oleh ASTRA Infra, ke depannya tol Cipali akan terus meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi pengguna jalan. Disamping itu juga kami ingin memperkenalkan berbagai layanan baru seperti armada yang didukung kendaraan terbaru, pengelolaan rest area yang berkelanjutan dan ramah lingkungan serta inovasi dalam bidang keselamatan”.

Berkaitan dengan liburan Nataru, Firdaus juga menghimbau para pemudik untuk selalu memantau lalu lintas di rute yang akan dilalui. Disarankan bagi pada pemudik dapat memperhatikan hal-hal terkait keselamatan seperti mematuhi batas kecepatan dalam berkendara, memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan secara rutin memeriksa tekanan angin pada ban kendaraan selain itu dapat beristirahat setelah 4jam perjalanan. Hal ini dapat mengurangi potensi kecelakaan dalam. Jika terjadi kendala saat berada di ruas tol Cipali dapat menghubungi info layanan tol Cipali 0260 7600 600 dan follow akun resmi tol Cipali @lintasmarga di Twitter dan Instagram.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: 
Rere – theresia.dyah@lintasmarga.com Corporate Communication PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Infra Toll Road Cikopo Palimanan).

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...