WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Sejuta Pesona Ciamis Jawa Barat Cinderamata Tak Terlupakan

CIAMIS, JMI -- Ciamis merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang amat sangat kita Cintai ini. Keberadaan Kabupaten ini sangatlah berpotensi positif bagi Negara kita, pesona alamnya amat sangat menggelora asmara cinta di hati masyarakat yang memandangnya.

Hamparan pohon, padi dan rumput diselimuti pemandangan hijau amat sangat menyejukkan hati, Kabupaten ini memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang amat sangat sangat membangun perekonomian masyarakat sekitar, seperti halnya salah satu warga Ciamis yang hampir jarang sekali beli beras di toko atau warung terdekat karena ia masih bertani padi atau beras, hasil panen yang di hasilkan 3 kali dalam jangka waktu satu tahun ternyata cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Disamping potensi itu pula, masih banyak potensi yang dimiliki oleh kabupaten ini, yaitu dengan menjamurnya sarana pendidikan formal dan non-formal, terlebih lagi banyak Pondok Pesantren di Kecamatan ini yang kehadirannya sendiri sangat penting dalam membangun akhlak atau adab generasi penerus agama nusa dan bangsa.

Dan yang tak dapat dipisahkan pula kearifan lokal penduduknya pun memanggil jiwa dan raga yang dapat menumbuhkan gelora asmara cinta untuk duduk bersamanya, ditemani secangkir kopi dan teh hangat, selai pisang, senda gurau, humoris, tawa dan canda di hembuskan dengan angin yang sepoy-sepoy, dengan bahasa yang amat sangat khas yaitu Bahasa Sunda.

Mungkin penduduk yang biasanya menghirup udara tak segar, seperti halnya warga Jakarta akan terkagum melihat Pesona Ciamis ini yang menggelora Asmara Cinta. Salah satunya warga DKI Jakarta yang berkunjung ke Kabupaten Ciamis Jawa Barat, dia sangat terkesan dan takjub melihat Ciamis ini dari berbagai macam aspek, "Saya sangat terkesan dan takjub melihat Pesona Ciamis ini dari berbagai macam aspek positif, baru kali ini saya bisa berkunjung di Ciamis, walaupun memang perjalanan dari DKI Jakarta sangat melelahkan akan tetapi terbayar sudah dengan keramah-tamahan sambutan daripada warga yang menyambut saya, saya amat sangat sungguh berterima kasih, dan sungguh pemandangan yang amat jarang sekali saya lihat disini, beda halnya ketika saya menjalankan aktivitas sehari-hari di DKI Jakarta yang penuh dengan Polusi, Hiruk Pikuk Ibu Kota, Berisik dengan kendaraan dan Kemacetan di Jalan, saya amat sangat berharap kepada Bupati Ciamis, agar selalu mempertahankan Potensi yang dimiliki oleh kabupaten Ciamis ini, baik dari segi Pertanian, Perkebunan, Infrastruktur Bangunan dan Jalan, sudah amat bagus untuk mempermudah aktivitas Penduduk dan mempercepat akses jalan bagi para warga yang berada diluar Kabupaten ini," ujar Khairul Anwar salah satu warga Kalideres Jakarta Barat.

Bahkan menurut pengakuan salah satu warga disini, potensi Gula Aren atau Gula Jawa disini sangat bagus, ada sebagian penduduk yang memproduksi sendiri Gula Aren atau Gula Jawa tersebut yang dijamin akan kualitas rasa dan keasliannya.

Ini amat sangat butuh perhatian daripada pemerintah setempat, dan saya juga amat bersyukur pembangunan jalan di pelosok-pelosok Kampung sudah rampung di Aspal.

Bagi warga luar kota yang sepulang dari Ciamis ini, sepertinya sudah cukup tidak perlu lagi membeli oleh-oleh, karena kearifan Lokal Ramah Tamah Penduduknya saja sudah cukup untuk dijadikan cinderamata yang amat sangat mahal harganya.

"Saya sebagai warga asing saja yang baru pertama kali berkunjung kesini, saya sangat betah tinggal disini, sebab ketenangan dan kenyamanan hati yang mendorong saya untuk tidak terburu-buru pulang lagi ke Jakarta," Khairul Anwar mengakhiri pembicaraanya.


Khairul. A/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...