WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Peresmian Rumah Adat Betawi Sekaligus Pembukaan Festival Pencak Silat Tradisional Betawi 2019

JAKARTA, JMI -- Selamat Bamus Betawi sangat jeli dalam penggarapan event di akhir Tahun 2019 menggandeng sebuah Komunitas Budaya Betawi Forum Komunikasi Pelestari Budaya Betawi (FKPBB).

Festival Pencak Silat Betawi 2019 di Tebaci Utan Jati Kalideres Jakarta Barat, 14 - 15 Desember 2019. Di hari pertama stage yang berukuran 8m x 10m di isi kreasi seni oleh Sanggar-sanggar di Bawah binaan Bamus Betawi, Tarian Betawi, Atraksi Silat Betawi, Lenong Betawi, Marawis dan Band Betawi, serta yang tak kalah menariknya penampilan Paud, TK di sekitar Kecamatan Kalideres.

Agenda Panitia pada hari pertama adalah lomba mewarnai tingkat Paud dan TK se-Kalideres serta Pentas Seni. Acara di buka langsung oleh Camat Kalideres sekaligus Peresmian Rumah Adat Betawi yang beri nama Rumah Bang Naman yang keberadaannya di jalan Raya Utan Jati Pegadungan Kalideres.

Hadir Polsek Kalideres dan jajarannya, Babinsa, LMK, PKK, FKDM, Tokoh Masyarakat, Forum RT, RW Kalideres dan Masyarakat se-Kecamatan Kalideres. Tumpah Ruah warga memadati jalan Utan Jati.

Camat Kalideres dalam menyampaikan sambutannya, "Subhannallah... merinding saya melihat antusias warga seperti ini. Mengucapkan Terima kasih atas kepada Panitia, Instansi pemerintah Kota Madya Jakarta Barat Kepolisian, unsur TNI, Dishub, Lurah, Tokoh Masyarakat dll yang telah mensupport terselenggaranya acara ini, Jalan Utan Jati merupakan jalur utama yang di lalui kendaraan bermotor 24 jam tiada hentinya. Atas kegigihan Panitia Bamus Betawi atas restu dari warga setempat dan supportnya dari beberapa instansi pemerintah, Dishub, Polis , TNI dll sehingga terlaksana," ungkapnya.

Pak Camat menambahkan, "Nyoookk mari kita bersama menikmati acara ini se-enjoy mungkin dan anggaplah ini ajang silaturahim warga kecamatan Kalideres, namun jangan lupa kebersihan, keamanan selalu terjaga.



Pada 15 Desember Hari Minggu di laksanakan acara Festival Pencak Silat Betawi 2019 yang di ikuti 42 peserta dari beberapa Sanggar se-Jakarta Barat. Dewan Juri memutuskan dari beberapa aspek secara perspektif dan profesional.

Dan pemenang Juara 1 : Sanggar Macan Betawi Tegal Alur, Juara 2 : Beksi Tradisional H. Hasbulloh Semanan, Juara 3 : Kembang Cagak Tomang, Juara 1 Harapan : Putra Cisadane Tangerang, Juara Harapan 2 : Beksi H. ABA Bongkaran Cengkareng, Inscredible.

Di hari 2 pelaksanaan Festival Pencak Silat di Warga berbaur penuh kekeluargaan dengan para jawara dari berbagai wilayah, Kasudin Kebudayaan Jakarta Barat Bpk. H.Achmad Syarofi Msi, "Sangat berapresiasi sekali dengan kegiatan ini, coba di kemas lebih baik dan menarik agar dapat mengundang Turis-turis mancanegara menikmati dan menyaksikan, apalagi Kalideres nggak jauh dari Bandara Internasional Soekarno0Hatta, coba ciptakan penuh kreatif, inovatif serta entertainer tanpa mengurangi tradisional kita," ucapnya mengakhiri sambutan.

"Insya allah ajang ini akan dijadikan agenda tahunan, kenapa demikian saya melihat antusiasme masyarakat yang hadir memadati jalan Raya Utan Jati yang kami tutup sebagai tempat acara. Bamus juga mendeklarasikan SIB (Seniman Intelektual Betawi) sebagai badan otonom Bamus. Tupoksi berurusan dalam pelestarian, pengembangan budaya, khususnya Betawi," Harap Bamus Betawi.


DEDY NURJAYA/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

*Peringati Harhubnas 2024 di lapang alun-alun Subang, Pj. BupatiSubang mewakili Pj.Gubernur Jabar Bertindak sebagai inspektur upacara, Bacakan sambutan menteri perhubungan RI,Tranportasi maju Nusantara Baru

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Perhubungan Nasional (HARH...