WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Anggota Lanud Suryadarma Melaksanakan Sholat Khusuf Berjamaah


SUBANG, JMI -- Anggota Lanud Suryadarma yang beragama Islam beserta siswa SMK Angkasa dan masyarakat sekitarnya melaksanakan Shalat Kusuf atau sholat sunah Gerhana Matahari yang dilaksanakan di Masjid Ar-Rahman Lanud Suryadrama, Kalijati Subang. Kamis (26/12/2019).

Kegiatan Sholat Khusuf ini dimulai setelah melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah kemudian dilanjutkan dengan mengumandangkan takbir untuk menyambut fenomena alam sebagai bukti kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa, dan setelah mengumandangkan takbir, dilanjutkan dengan menggelar shalat Gerhana yang dipimpin oleh Kabintal Lanud Suryadarma Mayor Sus Mulyana, S.Ag., dan dilanjutkan dengan khotbah dan doa.

Dalam khotbahnya kabintal Lanud Suryadarma mengatakan bahwa, "fenomena pada hari ini selain ada fenomena gerhana matahari cincin. Juga ada fenomena lainnya yakni adanya sebuah asteroid raksasa yang meluncur mendekati bumi," jelasnya.

Gerhana matahari sendiri merupakan fenomena ketika posisi bulan terletak diantara bumi dan matahari, sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari dari langit kebumi dan pada saat itu piringan bulan yang teramati oleh bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap dibagian tengah dan terang dibagian pinggir. Fenomena alam langka yakni gerhana matahari cincin ini bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia pada hari ini, Kamis (26/12/2019) khususnya di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Lebih lanjut juga dikatakan bahwa kejadian ini juga merupakan salah satu tanda kebesaran dari Allah SWT yang perlu dijadikan bahan tafakur dan tadabur bagi kita semua. Kita harus yakin bahwa fenomena yang lebih dahsyat dari gerhana atas kekuasaan Allah SWT pasti akan terjadi yaitu fenomena kiamat. “Oleh karena itu seluruh umat islam harus senantiasa mempersiapkan bekal dengan memperbanyak amal soleh dan melaksanakan taubat nasuha atas segala kesalahan dan dosa yang telah dilakukan baik secara sadar maupun tidak sadar serta senantiasa intropeksi diri guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup kita dimasa yang akan datang,” tegasnya.


AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...