WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Sistem P3A Menguntungkan Petani


CIAMIS, JMI --  Sistem P3A (Pemberdayaan Petani Pemakaian Air) dapat membantu petani dalam peningkatan pendapatan petani itu sendiri. "Sistem ini dapat meningkatkan pendapatan petani karena panennya sesuai rencana dan kualitas bertambah," kata Toyon selaku Ketua kelompok Budi Rahayu Bantadawa, Desa Bantadawa, kecamatan Purwadadi, kabupaten Ciamis, Selasa 29/10/19.

Area sawah yang airnya tidak teratur bisa menghasilkan panen yang kurang baik. Dengan mengikuti program P3A dipastikan hasilnya akan berbeda. "Program ini bagus, karena dapat mendukung petani untuk panen," ungkapnya.

Sementara itu, Sutarman Atmaja, selaku Bendahara, kelompok Budi Rahayu Bantadawa, mengatakan, Pertanian merupakan sektor penting dalam pembangunan perekonomian masyarakat. "Mengingat pentingnya P3A terkait penyediaan pangan penduduk selain mata pencaharian yang lain, maka program ini harus di dukung baik sarana dan prasarana airnya," tandasnya.


Sutarman juga menambahkan, "Purwadadi adalah salah satu lumbung pangan di Kabupaten Ciamis, jadi program ini harus dilakukan, agar semua petani dapat menikmati dari pengelolahan air terhadap jaringan Irigasi. Petani dapat merawat dengan baik fasilitas yang ada agar sawah yang sebelumnya tidak terkena air dapat terairi sampai tahun selanjunya," tandasnya pada JMI cetak & online.


ISMOYO/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Purnawiran Polri Sekabupaten Grobogan Siap Dukung Dan Menangkan Bambang Catur Dalam Kontestasi Pilkada 2024

GROBOGAN, JMI - pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan dr.H,Bambang Pujiyanto M,Kes bersama H,Catur Sugeng Susanto SH,M...