WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Sinergitas Media Gathering Bawaslu Subang & Media Masa Gelar Acara di Lembah Sari Mas Ciater Subang

SUBANG, JMI -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Subang menggelar kegiatan Media Gathering dengan kalangan jurnalis, cetak, elektronik dan online.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, 26-27 November 2019 Bertempat di Lembah Sari Mas Ciater ,subang.

“Kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan komunikasi dan keakraban antara Bawaslu dengan jurnalis,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Subang, H Parrahutan Harahap.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berkomitmen akan menjaga dan melestarikan demokrasi serta kerekatan dengan jajaran jurnalis di wilayah Subang.

Apalagi, berbagai media massa merupakan mitra yang tidak dipisahkan dalam menjalankan tugas dan fungsi Bawaslu setiap pesta demokrasi. Media massa sangat berperan penting dalam menjalan tugas dan fungsi bawaslu.

“Melalui gathering ini diharapkan diantara kita lebih saling memahami tentang kinerja masing-masing pada Pemilu yang akan datang,” paparnya.

Komisioner Bawaslu Divisi data, informasi dan hukum, Cucu Kodir Jaelani, menyebut,Dari data yang di memiliki dari berbagai hasil karya jurnalistik di wilayah Subang seputar pengawasan pemilu.

“Jumlahnya mencapai 105 berita dengan kategori pencegahan, pengawasan, penanganan pelanggaran dan kategori SDM. Cukup lengkap dan semua kita simpan dan dokumentasikan,” imbuhnya.


Dirinya berharap sharing yang berkesinambungan antara jurnalis dengan Bawaslu dan juga ada sosialiasi regulasi untuk jurnalis terus dibina. Sebab, masyarakat itu tahu nya bahwa jurnalis mengetahui segala hal, termasuk tentang tugas, fungsi dan regulasi pengawasan, padahal tidal semua sehingga diperlukan mengetahui aturan-aturannya.

Hal senada dikatakan Komisioner Bawaslu Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal, Imanudin, kalau dalam perjalanan selama Pemilu maupun Pilkada berjalan cukup baik.

“Memang sempat ada kesalahan akibat kurang harmonis. Namun akhirnya berhasil diatasi,” timpalnya.

Menurutnya, bila ada kesalahpahaman antara jurnalis dengan bawaslu dikuatirkan berdampak negatif dan mencederai demokrasi.

“Makanya dengan kegiatan ini diharapkan saling memahami tugas nya masing-masing yang mempunyai tanggungjawab moral terhadap masyarakat,” ungkapnya.

turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya jajaran Komisioner Bawaslu lainnya, Juju Juhariah dan Jecky Johari, serta Sekretariat Bawaslu yang dipimpin Koorsek, Euis Yulia, dan puluhan jurnalis dari media cetak, elektronik dan online yang ada di kabupaten subang.

Berlanjut malam Hari nya acara di isi oleh narasumber dari sejumlah tokoh dari penggiat media di antaranya dari KPID jabar Dr.H.Mahi.M.hikmat.MS.i sebagai koordinator pengawasan isi penyiaran dan Nara sumber ketua PWI kabupaten subang H.Nano suwarno menerangkan pungsi dan tugas jurnalis sesui dengan kode etik wartawan yang mengacu kepada undang-undang no 40 tahun 1999.


AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...