WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Proyek Pekerjaan Bioretensi di Stop Warga

JAKARTA, JMI -- Pekerjaan pembuatan saluran Bioretensi yang terletak di jalan Kusuma Raya, Kusuma1 dan Kusuma 2, Kelurahan Wijayakusama, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat di berhentikan warga, pasalnya pembangunan itu kurangnya sosialisasi dan adanya penebangan pohan, sehingga banyak warga menanyak keabsahan proyek bahkan meminta kepada aparat terkait untuk menyetop segala kegiatan.

Hal ini tertuang pada saat reses lintas komisi antara Hardiyanto Kennet dan Imah Mahdiah, Selasa 15/11/19.

Kami menolak segala kegiatan pembangunan Bioretensi(penyerapan air bersih) di wilayah kami,seharusnya sosialisasinya lebih intensif kewarga sekitar,apalagi di tambah menebang pohon."Kami menolak pekerjaan Bioretensi di lingkungan kami.meski sekarang sudah berjalan,kalau bisa di stop kita cari alternatif nya,"Hal ini di ungkapkan Firdaus perwakilan masyarakat setempat.

"Apakah warga setuju bila pekerjaan itu di stop...,sontak,semua peserta yang hadir mengucapka setuju....."ucap firdaus kembali.

Penolakan warga 09 bukan tidak mempunyai dasar, di samping kurang sosialisasi, penebangan pohon juga menjadi penting.kami butuh suasana sejuk,bila pohon di tebang kan terkesan gersang.kalau ditanam kembali juga perlu waktu lama."Warga sangat membutuhkan suasana indah, sejuk dan udara bersih.bila ditebang bagai mana jadinya.apalagi setiap pagi dan sore banyak yang berolah raga," keluhnya.

Mereka juga meminta pada Imah Mahdiah agar keluhan warga dapat tersalurkan. sehingga warga merasa terakomodir keinginannya.

Imah Mahdia, fraksi PDI perjuangan,DPRD DKI,dalam sambutanya, Keinginan warga tetap kami resap dan kami tampung.nanti kami akan bahas dalam rapat fraksi. "Karena ini bukan komisi saya, tapi akan saya sampaikan ke komisi yang kompeten," katanya


Imah juga menyarankan,bila warga menolak harus sesuai prosedur, karena pekerjaan ini sudah jalan. "Harus ada pernyataan penolakan di atas kertas dan di bumbuhi tanda tangan, sehingga nantinya bila di rapatkan di DPRD ada solusinya," ucapnya kembali.

Sementara itu Purwanti, Kasudin SDA, Jakarta Barat, menerangkan, Program Bioretensi yang menjadi program salah satu pailot projek di jakarta barat terkait pemberdayaan air bersih sudah di lakukan sosialisasi 3 kali,soal penebangan pohon kami sudah ijin resmi ke kasudin perhutanan.jadi secara prosudur sudah kami jalankan. "Secara SOP setiap pekerjaan di SDA sudah kami kerjakan,bila ada penolakan dari warga.ya.. silahkan saja buat pernyataan keberatan atau penolakan," terangnya.

Masihnya, penolakan itu nanti kita akan cari solusinya,apa ada jalan jalur lain selain jalur yang di tolak."Nantinya,Kita akan cari jalan lain,karena pekerjaan ini sudah jalan jadi harus di cari jalan lintasnya," jelasnya pada JMI, Koran & Online.

Terkait penebangan pohon akibat dari pekerjaan itu,Firdaus,Kasudin Perhutanan yang juga hadir, menuturkan, Penebangan yang di lakukan sudah memenuhi persyaratan ketentuan yang berlaku. "Penebangan pohon yang dilakukan pekerjaan SDA sudah sesuai ketentuan," jelasnya.

Acara reses lintas komisi fraksi PDI Perjuangan Provinsi DKI Jakarat, selain dihadiri jajaran Kasudin terkait, tampak juga hadir Didid, Camat Grogol Petamburan bersama perangkatnya, Novi, Lurah Wijayakusuma bersama jajarannya dan sekitar 50 warga.


ROB/JMI/RED 
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...