WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Hari Wayang Dunia, Ketua PEPADI Jateng Ki H. Untung Wiyono Membawakan Lakon Dewo Ampral

SRAGEN, JMI -- Dalam rangka memperingati Hari Wayang Dunia V yang di selenggarakan di Pendopo Ageng “GPH JOYOKUSUMO” Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Propinsi Jawa Tengah Ki H. Untung Wiyono S, mendapat kehormatan menampilkan karya pedalanganya pada tanggal 6 November 2019 pukul 20.00 s/d 21.30 dengan lakon Pandhu Suwargo.

Ki H. Untung Wiyono S yang juga mantan Bupati Sragen dua periode ini dengan penuh semangat dan percaya diri akan membawakan lakon Pandhu Suwargo yang akan di gelar besuk dengan persiapan yang sangat matang. Bebrapa kali latihan sudah dilaksanakan di kediamanya.

Tadi malam Senin, 4 November 2019 Ki H. Untung Wiyono S latihan bersama tim karawitan dan pesinden secara lengkap. Pengiring Ki. H. Untung Wiyono S seluruhnya seniman karawitan dan seniwati Sragen yang di koordinir oleh Pengendang Senior Kabupaten Sragen Bagong Sugiyanto, S.Kar dan pengampu pedalangan di percayakan kepada Ki Medot Darsono dalang kondang Kabupaten Sragen yang juga putra sesepuh dalang Ki manteb Sudarsono.

Kebersamaan dan kekompakan seniman dalang, pengrawit dan seniwati yang tergabung dalam PEPADI Kabupaten Sragen berupaya semaksimal mungkin membantu suksesnya pergelaran Ki Untung Wiyono S, kecuali sesepuh dan tokoh seniman Dalang di Kabupaten Sragen, beliau adalah juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Propinsi Jawa Tengah yang patut di apresiasi dan ditauladani di hargai semangatnya membangun Kebudayaan Nasional yang sudah di akui Dunia yaitu Wayang Kulit.

Pengrawit dan pesinden pendukung Ki H. Untung Wiyono

Wayang kulit diakui UNESCO lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB pada tanggal 7 November 2013 dan menetapkan wayang sebagai warisan maha karya budaya luhur bangsa dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Itangible Heritage of Humanity). Penghargaan ini merupakan suatu kehormatan budaya bangsa Indonesia yang wajib dilestarikan keberadaanya, sehingga pada setiap tanggal 7 November di tetapkan sebagai Hari Wayang Dunia yang akan diperingati oleh seniman dalang diseluruh penjuru pelosok Tanah Air Indonesia.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat penggemar, pemerhati, pecinta budaya wayang kulit yang setia silahkan hadir dan saksikan secara gratis Pergelaran karya pedalangan Ki H. Untung Wiyonono S, dengan lakon Pandu Suwargo di Pendopo Ageng ISI Surakarta pada tanggal 6 November 2019 jam 20.00 sampai dengan selesai. Semoga semuanya merasa terhibur dan bisa mengambil hikmah dari lakon yang di bawakan Ki Untung pada Hari Wayang Dunia tersebut.


BAMBANG. S/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...