WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Klaim Kemenangan Terus Berubah, Sandiaga: Ada Basisnya

Cawapres Sandiaga Uno
JAKARTA, JMI -- Cawapres Sandiaga Uno menjawab soal klaim kemenangan yang berubah ubah. Menurutnya data yang disampaikan ke Mahkamah Konstitusi (MK) memiliki basis dan landasan.

"Semua data yang dikumpulkan oleh tim data, tim IT yang kemarin terkanalisasi di tim hukum, jadi silahkan dicrosscheck, klarifikasi dengan tim hukum," kata Sandiaga di Jalan Pulombangkeng, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Klaim keunggulan Prabowo Sandi yang disampaikan ke MK mengalami perubahan dari awalnya 62 persen hingga menjadi 52 persen. Bahkan terakhir, pihak Prabowo mengklaim unggul dari Jokowi dengan perolehan 71 juta suara. Sandiaga menegaskan data perubahan itu ada basisnya.

"Kami tentu semua sampaikan itu ada basisnya," ucap Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga juga menjelaskan soal penggelembungan data paslon 01 sebesar 20 juta suara yang disampaikan di sidang MK. Menurutnya, data itu bisa dicrosscheck dan sudah berdasarkan bukti bukti.

"Itu juga bagian daripada materi persidangan, silahkan dilakukan klarifikasi ke tim hukum karena menurut saya itu bagian persidangan, ya tentunya harus dilandasi dengan bukti bukti," papar Sandiaga.

Sebelumnya Prabowo-Sandiaga kembali mengeluarkan klaim kemenangan baru. Ketua tim hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto (BW), mengatakan pihaknya memenangkan Pilpres 2019 dengan meraih 71.247.792 suara. Angka ini berbeda dengan angka yang tertuang dalam gugatan di MK, di mana mereka mengklaim menang sebanyak 68.650.239 suara.

Berdasarkan hitungan Tim IT internal, kata BW, ada penggerusan suara 02 sebesar lebih dari 2.500.000 dan penggelembungan suara 01 sekitar di atas 20.000.000.

"Sehingga perolehan sebenarnya untuk suara pasangan 01 sekitar 62.886.362 (48%) dan suara untuk pasangan 02 sekitar 71.247.792 (52%)," kata BW melalui keterangan tertulisnya, Jumat (14/6/2019).

Angka prosentase yang ditulis di kutipan di atas sesuai dengan pers rilis yang disampaikan Tim Prabowo-Sandi. Namun jika dihitung, angka prosentase yang ditampilkan tak akurat. Dengan klaim angka terbaru tersebut, maka prosentase suara Jokowi-Ma'ruf Amin menjadi 47%, sementara Prabowo-Sandi 53%.

Tim Kampanye Nasional (TKN) menyindir soal inkonsistensi Prabowo-Sandi karena klaim kemenangan yang terus berubah. Pasangan nomor urut 02 itu disebut linglung.

"Semakin hari memang tim Prabowo ini makin seperti tim yang linglung. Saking kebingungannya, tidak punya data dan fakta yang konkret, mereka lalu mengarang yang membodohi publik karena berubah-ubah," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding.

DTK/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

POLSEK CIPEUNDEUY POLRES SUBANG LAKUKAN PENYEKATAN MENGANTISIPASI MASA YANG MAU MENYAKSIKAN PELANTIKAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERPILIH 2024

Subang JMI - Polres Subang melaksanakan kegiatan  penyekatan dalam rangka mengantisifasi massa yang terindikasi akan berangkat ...