WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kekeringan, Temanggung Siapkan 350 Tangki Air Bersih

BPBD Kabupaten Temanggung mendistribusikan bantuan air bersih di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan. (dok. BPBD Kabupaten Temanggung)
TEMANGGUNG, JMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menyiapkan anggaran bantuan air bersih untuk penyaluran 350 mobil tangki guna mengatasi kekeringan pada musim kemarau 2019.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan sementara Pemkab Temanggung menyiapkan 350 mobil tangki. "Nanti kalau ada kekurangan, seperti tahun-tahun sebelumnya kami kerja sama dengan swasta melalui dana CSR dan juga pengajuan bantuan APBD Provinsi serta DIPA BNPB," katanya, Rabu (19/6).

Ia menuturkan untuk mengantisipasi kekeringan pada musim kemarau, ia sudah melakukan pemetaan. Hasilnya, kekeringan terjadi di 11 kecamatan atau hampir sama dengan tahun lalu.

Ia menyebutkan 11 kecamatan tersebut, yakni Kaloran, Kandangan, Kranggan, Selopampang, Jumo, Gemawang, Pringsurat, Bejen. Kledung, Bulu, dan Candiroto. Menurut dia, dari 11 kecamatan yang dimungkinkan mengalami kekeringan tersebut diperkirakan kondisi paling parah di dua kecamatan, yakni Kandangan dan Kaloran.

"Kami sudah siapkan lima mobil tangki untuk mendistribusikan air bersih ke daerah kekeringan," katanya.

Ia menyebutkan kelima mobil tangki tersebut berasal dari Dinas Sosial, PMI, PDAM, BPBD, dan bantuan dari provinsi. Ia menuturkan berdasarkan perkiraan dari BMKG, musim kemarau mulai pekan ketiga ketiga Mei 2019 dan puncaknya pada Agustus-September 2019.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

TJSL, Peduli Kesehatan Masyarakat, DAHANA Gelar Pengobatan Gratis untuk masyarakat Subang

Subang, JMI - Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT DAHANA menggelar program Pengobatan Gratis untuk Masyarakat. K...