WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Forum Komunikasi Pelestari Budaya Betawi (FKPBB) Silaturahmi ke Laskar Muda Pandjajaran Cianjur

JAKARTA, JMI -- Petikkan kecapi malam itu seakan hilangkan segudang rasa. 10 jam dalam perjalanan Touring FKPBB ke Bumi Pasundan Cianjur Jawa Barat.

Antrian yang panjang menimbulkan kemacetan sehingga menghambat perjalanan kami, di karenakan hari ke 4 Lebaran, buka tutup jalur puncak serta berlakunya arus balik. 

Namun kemacetan bukan suatu halangan untuk menapakan kaki kami di tanah pasundan. Tepat jam 23.13 Wib kami tiba di Padepokan Laskar Muda Pandjajaran.

Sebelum melangkah jauh memasuki padepokan, mata kami tertuju pada pintu gerbang, kalimat yang cukup aneh bagi kami namun kami berpikir positif . 

WILUJEUNG SUMPING, Senyuman serta keramah tamahan dan kehangatan menyambut kami serombongan. Letih, Lelah, badan ini rasanya ingin cepat baringkan diri hilang seketika saat kami berpelukan hangat salam persaudaraan sesama pecinta budaya. Petikan kecapi menghiasi obrolan kami, menambah energi baru seakan bangkit, malam itu memang saat luar biasa.

Minggu malam (8/06/2019) Forum Komunikasi Pelestari Budaya Betawi (FKPBB) bersilaturahmi memenuhi undangan bpk Teddy Subarkah S.IP. SH selaku ketum Laskar Muda Pandjajaran. Padepokan Tjakra Poetra Pandjajaran Pelestari dan Pemangku Budaya Sunda, Adat serta Kesenian Tradisional Sunda Galuh Pakuan.

Maksud dan tujuan kami selain silaturahim, tentunya pembelajaran, pengenalan, dan pemahaman adat dan budaya sunda.
Kang Teddy panggilannya, Dengan logat yang khas Sunda memaparkan tentang Budaya Sunda itu tumbuh dan hidup dalam masyarakat sunda. Budaya Sunda sangat menjunjung tinggi sopan santun, karakter masyarakat sunda ramah tamah, periang, murah senyum, lemah lembut, dan sangat menghormati orang tua, dan masih banyak lagi diceritakan oleh Kang Teddy. 

Tanpa terasa obrolan ngalor - ngidul dan menunjukan waktu sudah pagi. Banyak ilmu yang kami peroleh tentang budaya sunda yang terkenal sopan santun serta religius.

Laskar Muda Pandjajaran, Padepokan Tjakra Poetra Pandjajaran
Pelestarian dan Pemangku Budaya Sunda, Adat, Kesenian Trafisional Sunda Galuh Pakuan :

Pimpinan : Teddy Subarkah S.IP. SH.
Kamp : Nangleng 02/05
Desa : Nagrak
Kecamatan : Cianjur Jabar

Kegiatan : Pelestarian nilai-nilai seni & tradisi, pendidikan dan pelatihan serta pementasan :
- Kecapi Suling
- Mamaos Cianjuran
- Upacara Adat
- Rampak Karinding
- Silat & Tarian Sunda
- Dll

DEDDY/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukungan Semakin Kuat! Program Karna Sobahi Solusi Nyata untuk Kemajuan

Majalengka, JMI – Karna Sobahi, calon Bupati Majalengka yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD PUI Majalengka, ...